Tampilan Desktop



Bupati Butur: Musrembang Harus Memperhatikan Indikator Perkembangan Daerah
40 Dibaca

Bupati Butur: Musrembang Harus Memperhatikan Indikator Perkembangan Daerah

MUSREMBANG – Bupati Butur Abu Hasan saat memberi sambutan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) RKPD tahun 2018 tingkat kabupaten di Aula BAPPEDA Butur, Kamis (30/3/2017). (Foto Istimewa)

 

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Kabupaten Buton Utara tengah melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) RKPD tahun 2018 tingkat kabupaten. Pada kesempatan itu, Bupati Butur Abu Hasan menyampaikan bahwa musrembang yang berkualitas harus memparhatikan indikator perkembangan daerah.

Abu Hasan menuturkan, indikator perkembangan daerah itu setidaknya ada empat item yang perlu dikaji. Antara lain  kajian tentang indeks pembangunan manusia (IPM), pendidikan, ekonomi, bahkan indeks korupsi. Indeks-indeks perkembangan derah, tambah dia, selanjutnya dirumuskan bersama agar menjadi masa depan jangka pendek, menengah dan jangka panjang derah.

“Agar musrembang ini berkualitas, harus memperhatikan indikator perkembangan daerah,” tutur Abu Hasan di Aula BAPPEDA Butur, Kamis (30/3/2017).

Ia menambahkan, indeks di kabupaten yang dipimpinnya itu harus menjadi perhatian bersama, sehingga ke depan dapat diambil kebijakan yang tepat sasaran. Bahkan dalam kegiatan yang mengusung tema ‘Memacu Kualitas Tata Pemerintahan Infrastruktur untuk mendorong produktuvitas perekonomian menuju Buton Utara yang maju dan sejahtera’ itu, dia menegaskan dalam merumuskan kesejahteraan masyarakat, tidak boleh lagi ada kopi paste program.

“Saat ini acuan penganggaran kita Many Folow Program, anggaran mengikut pada program, bukan Program Folow Many,” ujarnya

Ia mengakui, bahwa saat ini Butur memiliki keterbatasan anggaran maupun sumber daya lainnya. Olehnya itu, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Daerah (Pemda) memanfaatkan potensi daerah baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Hal itu, tentu membutuhkan perencanaan yang matang.

“Kita selalu memiliki keterbatasn-keterbatasn baik anggaran maupun sumber daya lainya. Kita cukup kaya dengan potensi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Pendapatan kita sangat terbatas dan keinginan kita cukup banyak. Perencanan yang baik akan menghasilkan setengah dari kegiatan itu akan baik,” jelasnya.

Untuk diketahui, kegiatan itu dihadiri oleh Wakil Bupati, Wakil Ketua DPRD Butur Sujono beserta anggotanya, Kepala Bappeda Provinsi Sultra  Muhamad Nasir Andi Baso, para Kepala Perangkat Daerah, dan seluruh perwakilan masyarakat Se-Kabupaten Butur. Musrembang tersebut rencananya akan berlangsung hingga tanggal 31/3/2017 besok. (B)

 

Reporter: Irsan Rano
Editor Tahir Ose

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free