Tampilan Desktop


Bupati dan Wabup Konut Tak Duduk Bersebelahan Saat Upacara, Ini Alasannya
25 Dibaca

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Pimpinan birokrasi di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) sudah semakin tak harmonis. Beberapa kali kegiatan kenegaraan maupun kedaerahan, Wakil Bupati (Wabup) Ruksamin sudah tidak dilibatkan.

Salah satunya pada upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional,  Selasa (10/11/2015), Ruksamin datang menghadiri upacara kenegaraan tersebut hanya sebagai undangan tokoh masyarakat. Tempat duduknyapun yang mestinya bersebelahan dengan bupati justeru berada di area para tokoh masyarakat duduk.

Ruksamin yang ditemui usai upacara mengakui, undangan yang diterimanya untuk menghadiri upacara tersebut adalah sebagai tokoh masyarakat.

“Sengaja saya duduk di kursi jejeran undangan tokoh masyarakat, karena saya menghargai undangan kepada saya. Undangan kepada saya itu atas nama Ruksamin, bukan sebagai Wakil Bupati. Makanya, saya duduk ditengah-tengah tokoh masyarakat,” kata Ruksamin.

Mantan Ketua DPRD Konut itu menambahkan, meski dirinya dipersilahkan untuk duduk di samping Bupati Konut Aswad Sulaiman. Namun, pihaknya menghargai undangan yang diterimanya sebagai undangan pribadi bukan kapasitasnya sebagai wabup.

undanganHal seperti ini bukan pertama kali dialami Ruksamin. Kejadian serupa pernah terjadi pada hari ulang tahun Kabupaten Konut beberapa bulan lalu. Bahkan saat itu boleh dibilang cukup parah, karena dirinya tak diundang sama sekali.

Terkait dengan pandangan masyarakat Konawe Utara (Konut) yang menyaksikan posisi tempat duduknya yang berada ditengah-tengah tokoh masyarakat. Ketua DPW PBB Sultra itu menjelaskan jika hal tersebut merupakan gambaran kebobrokan birokrasi yang ada di Kabupaten Konut.

“Inilah gambaran sebuah diskriminasi yang ada di Konut, sadar atau tidak inilah yang terjadi. Karena ini sudah menjadi kebiasaan, ini masih mending saya dikasih undangan sebagai tokoh masyarakat. Pada ulang tahun Konut yang lalu, pak gubernur mempertanyakan ketidakhadiran saya sementara bagaimana saya mau hadir kalau saya tidak diundang,” ungkapnya.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com