Tampilan Desktop


Bupati Kolaka Bentuk Tim Percepatan Proyek Jalan Kilometer 12, Sabilambo
245 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Bupati Kolaka, Ahmad Safei membentuk tim percepatan pembangunan proyek pelebaran ruas jalan dalam kota Kolaka yang dimulai dari Kelurahan Sabilambo hingga kilometer 12.

Upaya itu dilakukan untuk mengejar moment pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) Sultra tahun 2016 mendatang di Kabupaten  Kolaka.

Ahmad Safei mengatakan percepatan pembangunan pelebaran jalan itu harus sudah rampung sebelum perayaan HUT Sultra ke . Untuk menyelesaikan persoalan ini dirinya bakal membentuk tim percepatan. Seperti pohon yang berada dipinggir jalan sepenuhnya ditangani oleh Pemda. Upaya penebangannya mesti segera dilakukan.

“Paling tidak secepatnya tim segera dibentuk dan turun lapangan paling lambat hari Selasa(22/12/2015) nanti. Agar semua pohon yang berada dipinggir jalan segera ditebang dan untuk biaya angkut kita bebankan dinas PU,” terang Safei, Jumat (18/12/2015).

Selain itu, menurutnya, hal ini harus terkoordinasi dari berbagai pihak seperti PLN, telkom dan PDAM. Berbagai kendala dilapangan cukup banyak.

“PLN misalnya tiang yang ada dipinggir jalan yang harus dicabut dan pindahkan. Untuk PDAM instalasi air yang ada dibawah tanah akan diangkat, serta kabel telkom yang tertanam,” jelasnya.

Dia menilai, dari berbagai jenis kayu yang berada dipinggir jalan tersebut Mahoni, Biti, dan kayu indah sekitar 300 kubik memiliki nilai jual.

“Paling tidak kita tawarkan kepada pengusaha atau dilelang perkiraan saya dari seribu pohon itu bisa terjual hingga ratusan juta,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kehutanan Kolaka, Muhammad Bakrie mengatakan, terkait dengan pelebaran jalan penyelesaiannya cukup beresiko olehnya itu peran beberapa sektor sangat diperlukan.

Penebangan pohon yang berada dipinggir jalan sudah melampaui bentangan kabel dan ini sangat beresiko jika dilakukan penebangan.

“Masing masing SKPD bertanggungjawab dalam pelebaran jalan ini, jangan hanya dinas Kehutanan yang kerja,” jelasnya.

 

Penulis : Saban

Editor : Tahir Ose

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com