Tampilan Desktop



Bupati Kolaka Pimpin Evakuasi Kapal Kandas di Pulau Lemo
112 Dibaca

Sebanyak 89 penumpang di kapal itu dinyatakan selamat setelah tim evakuasi gabungan melakukan proses evakuasi di lokasi kejadian. Dalam evakuasi itu, bupati didampingi sejumlah tim tekhnis terkait, t

Sebanyak 89 penumpang di kapal itu dinyatakan selamat setelah tim evakuasi gabungan melakukan proses evakuasi di lokasi kejadian. Dalam evakuasi itu, bupati didampingi sejumlah tim tekhnis terkait, termasuk Basarnas Pos Kolaka. 
“Semua penumpang dalam kondisi sehat, walaupun ada beberapa orang nampak sedikit shok atas insiden itu,” kata bupati.
Bupati Kolaka mengatakan rasa syukur kepada tuhan yang maha esa karena semua penumpang di atas kapal fery tersebut selamat dan sehat walafiat,
“Sebenarnya Rabu pagi ini saya akan berangkat ke Kota Makassar (Sulsel) untuk mengikuti Musrenbang Regional Sulawesi, namun karena adanya musibah ini sehingga saya batalkan,” ucap bupati.
Selain bupati, turut serta dalam tim evakuasi juga hadir Dandim dan Wakapolres Kolaka serta pejabat instansi lainnya dengan menggunakan kapal speed boad milik dinas perikanan dan kelautan setempat.
Kepala ASDP Kolaka, Mursalim kepada sejumlah awak media mengatakan, proses evakuasi yang pertama dilakukan setelah mendapat informasi yakni dengan menggunakan kapal nelayan dengan membawa 50 orang penumpang dari lokasi kejadian ke pelabuhan Samudra Kolaka.
“Prosesnya sedikit terlambat dievakuasi, karena kapal yang berupaya melakukan pertolongan tidak bisa mendekat karena air laut masih sedang surut. Nanti sekitar pukul 12.30 Wita, air laut sudah naik sehingga proses evakusi dilakukan,” ujarnya.
Sedangkan evakuasi penumpang yang tersisa di atas kapal fery dilakukan dengan menggunakan kapal lain yang sudah datang beberapa saat setelah penumpang pertama di bawa ke palabuhan Kolaka.
Menurut Mursalim, dugaan sementara kandasnya kapal KM Faiz yang memuat penumpang 89 orang dan 11 unit kendaraan roda empat dan dua itu akibat cuaca buruk disekitar Pulau Lemo pada Rabu dini hari. (Saban)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free