Bupati Koltim Panen Raya Tanaman Holtikultura Hasil Dana Desa

89
Bupati Koltim Ajak Masyarakat Memilih Sesuai Hati Nurani
PANEN - Bupati Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Tony Herbiansyah di dampingi istri, Surya Hutapea, dalam acara pesta panen tanaman hortikultura di desa Mulia Jaya, Jumat (8/2/2019). (Samrul/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, TIRAWUTA – Bupati Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra), Tony Herbiansyah melakukan pesta panen raya tanaman hortikultura di Desa Mulia Jaya, Kecamatan Dangia, Jumat (8/2/2019).

Jenis tanaman yang dipanen antara lain cabai, melon, semangka, mentimun, buah pare, dan gambas atau oyong. Tanaman hortikultura yang dipanen ini berada di atas lahan kosong milik warga dengan menggunakan dana desa yang digelontorkan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Kepada warga Desa Mulia Jaya, Tony Herbiansyah mengungkapkan rasa senangnya atas upaya yang dilakukan warga dalam mengelola dan memanfaatkan dana BUMDes.

Dikatakan, kerja keras yang dilakukan pemerintah beserta masyarakat Desa Mulia Jaya merupakan inspirasi bagi desa-desa lain dalam mengelolah dana desa demi peningkatan ekonomi kerakyatan ke depannya.

“Pemerintah kabupaten juga akan berupaya maksimal mendorong langkah kemajuan ini sehingga visi dan misi pemerintah daerah yaitu menjadikan Koltim sebagai daerah agrobisnis bisa terwujud,” katanya.

Tony menyebutkan, selain menjadi percontohan teladan, Desa Mulia Jaya tak menutup kemungkinan akan menjadi perhatian khusus dan menarik langkah dari pihak Kementrian Desa melakukan studi banding.

Kepala Desa Mulia Jaya Rusdihadi mengatakan, lahan yang digunakan untuk percontohan tanaman hortikultura ini menggunakan dana BUMDes hingga Rp93 juta.

“Kami berharap pemerintah daerah dalam hal ini bapak bupati bisa memberikan kami peralatan berupa handtraktor ntuk pengolahan tanah. Karena terus terang, ada dua unit bantuan handtraktor sebelumnya tidak mencukupi karena banyak desa lain yang membutuhkan juga,” ucap Rusdihadi.

Dalam pesta panen raya tanaman hortikultura ini, Tony Herbiansyah didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Surya Hutapea, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat Dangia, Kapolsek Ladongi, dan Danramil Tirawuta.

Pada kesempatan itu, Tony Herbiansyah memberikan bantuan handtraktor multifungsi satu unit kepada Kades Mulia Jaya. Dalam pesta panen raya itu juga Bupati Koltim mengajak para kepala OPD membeli tunai hasil panen warga. (b)

 


Kontributor: Samrul
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib