Bupati Koltim Resmikan Gedung RSUD

119
Bupati Koltim Resmikan Gedung RSUD
PERESMIAN - Bupati Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Tony Herbiansyah, Senin (25/2/2019) meresmikan gedung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koltim. Gedung tersebut merupakan penambahan unit pelayanan penunjang bagi rumah sakit. (Samrul/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, TIRAWUTA – Bupati Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Tony Herbiansyah, Senin (25/2/2019) meresmikan gedung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koltim. Gedung tersebut merupakan penambahan unit pelayanan penunjang bagi rumah sakit.

Gedung yang diresmikan antara lain, gedung unit transfusi darah dan bank darah, gudang perbekalan farmasi dan alat kesehatan, gedung instalasi gizi dan dua unit rumah dokter spesialis.

Tony Herbiansyah dalam sambutannya, menyampaikan, salah satu tolak ukur indeks pembangunan manusia (IPM) adalah kesehatan.

“Makin banyak yang sehat maka makin bagus IPM-nya. Justru tidak berhasil kalau banyak orang yang sakit. Makanya program kesehatan ke depan adalah bagaimana orang tidak sakit,”kata Tony.

Pada kesempatan itu, Tony memberi apresiasi kepada pihak rumah sakit karena telah berhasil meraih akreditasi tipe D Pratama meskipun kondisi gedung sendiri masih minim.

“Tapi kita tidak boleh terlalu puas dan terlena dengan pencapaian itu. Kita tetap harus bekerja keras. Dengan diberikannya prestasi itu maka pelayanan kesehatan kepada masyarakat harus semakin ditingkatkan,” kata Tony.

“Pertahankan ini akreditasi tipe D, jangan sampai evaluasi beberapa tahun kemudian sudah turun. Ini merupakan pristise dan prestasi buat kita semua,”ujarnya.

Dikatakan, pemerintah daerah sendiri siap memberikan dukungan anggaran kepada rumah sakit. Buktinya, dalam waktu dua sampai tiga bulan sebelum perubahan anggaran, beberapa gedung rumah sakit bisa didirikan.

“Begitu beraninya, begitu nekatnya saya memberikan dana untuk membangun rumah sakit ini. Termasuk gedung yang akan kita resmikan sebentar. Artinya, betapa seriusnya saya untuk memajukan rumah sakit ini,”katanya.

Tony berharap agar direktur rumah sakit dan seluruh staf jajarannya harus bisa membangun hubungan yang harmonis dan tidak saling berkotak-kotak sehingga tidak memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. “Semoga dengan adanya sarana penunjang ini bisa dirawat dan dipelihara dengan baik,”pinta Tony.

Direktur RSUD Koltim, Abdul Munir Abu Bakar dalam sambutannya mengatakan, keberhasilan rumah sakit meraih akreditasi tipe D pratama tidak terlepas dari dukungan pemerintah daerah yang terus menerus memberikan support.

“Insha Allah ke depan mutu layanan akan terus kami tingkatkan dan bisa meraih hasil yang lebih baik lagi. Tahun ini juga, unit radiologi akan berfungsi dimana mesin X-Ray (rontgen) dan menunggu uji kesesuaian dan ijin penggunaan oleh badan pengawas tenaga nuklir pusat, “ujar Munir.

Dijelaskan, dengan adanya gedung transfusi darah /bank darah diharapkan bisa memberi nilai utama dalam hal pelayanan darah. Nantinya, dapat dibangun kerjasama dengan palang merah Indonesia dalam pelayanan donor darah.

“Dari kementerian kesehatan melalui dinas kesehatan provinsi dan dinas kesehatan kabupaten Koltim, rumah sakit umum daerah Koltim diberi kepercayaan untuk diberi bantuan alat tes cepat molekuler gene expert yang merupakan alat untuk mendeteksi TB paru lebih cepat dan keakrutan hasil yang tinggi dibanding pemeriksaan konvensional. Alat ini akan diinstalasi pada akhir maret sesuai jadwal dari Kemenkes dan akan dilatih oleh tenaga ahli yang mengoperasikan alat tersebut, “ucap Munir. (a)

 


Kontributor : Samrul
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib