Tampilan Desktop


Bupati Konawe Gagas SPBU Khusus Petani
104 Dibaca

ZONASULTRA.COM, UNAAHA- Bupati Konawe Kery Syaiful Konggoasa berencana membuat satu unit SeNtra Pengisian Bahan Umum (SPBU) yang dikhususkan untuk para petani sawah yang belakangan sering mengeluhkan sulitnya memperoleh bahan bakar jenis solar untuk mesin hentractor mereka. Terlebih saat ini pemerintah sudah melarang SPBU yang ada untuk melayani konsumen yang menggunakan jerigen.

Bupati Konawe Ingatkan Petani Tidak Jual Lahan ke Perusahaan Sawit

Kery Saiful Konggoasa

Kata Kery, hal itu sangat sejalan dengan program pemerintah yang bercita-cita ingin terus mempertahankan predikat penghasil beras terbesar di Sulawesi Tenggara (Sultra, bahkan khualitas beras yang dihasilkan petani Konawe sudah bisa bersaing dengan beras di pulau jawa, yang dibuktikan dengan adanya pengiriman beras ke beberapa wilayah di luar pulau sulawesi.

Bupati mengaku sudah melakukan komunikasi dengan beberapa pengusaha SPBU agar niatan itu bisa terwujud, sehingga petani sawah di Kabupaten Konawe tidak lagi mengeluhkan sulitnya mendapatkan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar.

“Saya sudah pernah bertemu dengan pemilik SPBU, supaya rencana ini bisa terlaksana, dan beberapa diantaranya sudah menyatakan kesiapannya untuk membuat SPBU khusus BBM jenis solar yang hanya melayani petani saja,” kata mantan Ketua DPRD Konawe ini, Senin (18/1/2016).

Sementara itu pada tahun 2016 ini, pemerintah pusat sudah mengalokasikan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk percetakan sawah baru dan juga peningkatan inprastruktur sarana pertanian seperti irigasi, jalan, dan sarana penunjang lainnya.

Lebih jauh ia melihat, program Nawacita ala pemerintahan Jokowi-JK hampir sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) yang disusun dalam program Perisai ala Kery Syaiful Konggoasa-Perinringi, sebab kedua program itu lebih cenderung pada peningkatan sarana sektor pertanian, khusunya petani sawah.

Meski begitu, Kery belum bisa memastikan kapan SPBU khsus petani itu ada, pasalnya pihak investor belum memberikan informasi lanjutan.

“Tahun ini sudah ada, hanya saja kita belum tahu waktu pastinya, kami masih terus melakukan komunikasi dengan pihak-pihak yang bersangkutan, yang jelas kita upayakan tidak ada lagi keluhan dari petani yang mengatakan susah dapat solar,” katanya.

 

Penulis : Restu

Editor : Rustam

Redaksi ZonaSultra

View all contributions by Redaksi ZonaSultra

Website: http://zonasultra.com

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com