Tampilan Desktop

Bupati Konawe Minta Pembangunan Infrastruktur di Desa Dioptimalkan
84 Dibaca

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Bupati Konawe Kery Syaiful Konggoasa meminta seluruh kepala desa (Kades) di kabupaten yang dipimpinnya itu untuk meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur penunjang melalui anggaran dana desa dan dana perisai Konawe.

Tak Ingin Jadi "Lahan Basah" LSM Abal-Abal, Bupati Konawe Minta Kades Gunakan Dana Desa Tepat Sasaran

Kery Syaiful Konggoasa

Menurut Kerry, saat ini penggunaan anggaran yang bersumber dari APBN sudah tidak seperti dulu, karena pengawasan penggunaannya langsung ditangani oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sehingga keteraturan laporan pertanggungjawaban juga sangat dibutuhkan.

“Keberhasilan pembangunan suatu daerah itu ditentukan oleh bagaimana peningkatan pembangunan di desa. Dan saya inginkan agar kepala desa itu lebih mengoptimalkan pembangunan infrastruktur yang memang sangat penting dan paling dibutuhkan di desa itu,” kata mantan Ketua DPRD Konawe itu, Jumat (25/03/2016).

Lanjut Kery, setiap kepala desa harus merembukkan dulu perencanaan pembangunan yang akan dilakukan, agar tidak ada riak atau keluhan dari masyarakat yang menyoroti penggunaan dana desa yang tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat.

“Itulah kenapa desa ditekankan untuk membuat Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDesa), yang di dalamnya sudah ada perencanaan pembangunan, intinya fokus pembangunan untuk tahap ini kebanyakan ke fisik, nanti rampung baru ke pemberdayaan,” kata dia.

Kery mengklaim penggunaan dana desa, khususnya di Kabupaten Konawe pada tahap awal tidak ada yang bermasalah, bahkan ia mengaku jika desa-desa yang menjadi penerima dana desa sudah menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan.

 

Penulis: Restu
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com