Tampilan Desktop



Bupati Konawe Tantang Penyebar Isu TKA asal China di Morosi
299 Dibaca

ZONASULTA.COM, KENDARI – Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa menantang pihak yang sembarang bicara tentang serbuan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China yang bekerja di pabrik industri pengolahan dan permunian mineral di Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kery Syaiful Konggoasa

Kery Syaiful Konggoasa

Kery dibuat geram dengan isu serbuan pekerja Cina yang masuk ke Konawe yang katanya sampai ribuan orang.  Keri dengan tegas membantah isu tersebut. Selama ini dirinya telah mencoba membuktikan isu tersebut tetapi pada kenyataannya tak ada.

“Memang kalau kita lihat banyak TKA asal China yang berkeliaran di Kendari dan Konawe tapi itu bukan TKA yang bekerja di Morosi. Mereka hanya mengunakan Kendari dan Konawe sebagai persinggahan mereka, yang akan menuju Morowali, Sulawesi Tengah,” kata Kery di Kendari, Selasa (10/1/2017) malam.

Oleh karena itu, jika memang ada dugaan dari pihak lain mengenai serbuan pekerja asing tersebut maka pihak tersebut sendiri yang harus membuktikan dengan menggunakan data, tidak hanya berdasarkan perasaan.

Kery menambahkan, TKA yang bekerja di industri sangat sulit mendapatkan izin kerja, karena mereka harus mendapat persetujuan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), tenaga kerja, dan imigrasi.

“Jadi ini berlapis, beda dengan orang-orang yang kita temui di Bogor, kalau di Bogor mereka datang sebagai turis. Mereka datang dengan visa turis,”

Kery juga tidak menampik bahwa pekerjaan smelter pada proyek industri di Morosi memang terdapat pekerja asal China tetapi hanya berperan saat pembangunan karena menguasai teknologinya, setelah pembangunan rampung pekerja tersebut kembali ke negaranya.

“Di Morosi memang ada TKA asal  China, tapi setelah proyek selesai mereka pulang. Itu karena teknologi dikuasai mereka. Selain itu tenaga kerja Indonesia belum mampu bekerja dipembangunan dan pembuatan smelter,” jelasnya.  (B)

 

Reporter: Ramadhan Hafid
Editor : Tahir Ose

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free