Tampilan Desktop


Bupati Konsel Segera Rombak Kepala SKPD
342 Dibaca

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Bupati Konawe Selatan Surunuddin Dangga dalam waktu dekat akan melakukan perombakan kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di daerah itu.

Tinggalkan Tugas, Bupati Konsel Bakal Pecat 3 PNS di Dinas PK

Surunuddin Dangga

Surunuddin mengatakan, saat ini pihaknya masih fokus pada Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yang telah diamanahkan oleh pemerintah pusat untuk dilakukan perampingan.

Apabila Raperda OPD telah ditetapkan, barulah diisi dengan kepala SKPD pada dinas dan badan organisasi itu. Dalam penetapan kepala SKPD juga, lanjutnya, pihaknya minimal akan melakukan penilaian (assesment) kepada calon kepala dinas dan badan yang ada di kabupaten.

“Kita selesaikan dulu organisasinya. Baru ditetapkan kepala SKPD-nya, nanti juga akan ada assesment pada calon kepala SKPD,” kata Surunuddin, Senin (22/8/2016).

Meski Raperda OPD belum ditetapkan, mutasi akan tetap dilakukan pada mereka  yang tidak menangani administrasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), misalnya kepala sekolah (KS) dan staf kecamatan.

“Soal pergantian tidak elok kalau anggaran dipotong-potong di tengah jalan karena pertanggung jawabannya nanti bermasalah,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Konsel Yuliana. Menurutnya, penetapan kepala SKPD memang akan ada tes assesment dan psikologi karena terlalu banyaknya pegawai yang memenuhi syarat.

Untuk melakukan penilaian secara objektif, kata dia, tes tersebut sangat diperlukan untuk mengetahui layak atau tidak pegawai tersebut memegang suatu jabatan.

Sejauh ini, lanjut Asisten III Pemkab Konsel itu, bupati telah meminta daftar pegawai kecamatan  yang ada di kabupaten itu karena ada beberapa sekretaris kecamatan (Sekcam) memiliki pangkat lebih rendah dari pada bawahannya.

“Ada bawahan lebih tinggi pangkatnya dari sekcamnya, begitupun dengan data pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang ada di kabupaten,” kata dia. (B)

 

Reporter: Irfan Mualim
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com