Buton Utara Ditarget Menjadi Daerah Pertumbuhan Ekonomi Baru

0
Pemkab Butur Dorong Kedaulatan Pangan Petani Melalui Pertanian Organik
Abu Hasan

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Bupati Buton Utara (Butur) Abu Hasan, menargetkan daerahnya menjadi daerah pertumbuhan ekonomi baru di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Gagasan tersebut datang bukan tanpa alasan. Menurut Abu Hasan, potensi yang dimiliki Butur sangat memungkinkan untuk menumbuhkan ekonomi baru. Sehingga, dirinya kini sangat terobsesi untuk memajukan daerah yang ia pimpin.

Pemkab Butur Dorong Kedaulatan Pangan Petani Melalui Pertanian Organik
Abu Hasan

“Saya sudah obsesikan, mudah-mudahan daerah kita ini menjadi daerah pertumbuhan ekonomi baru di Sulawesi Tenggara,” ungkapnya saat menyalurkan bantuan alat dan mesin pertanian kepada sejumlah kelompok tani di kantor Dinas Pertanian Butur, Selasa (23/5/2017).

Di sektor pertanian, Abu Hasan menilai lahan di Butur tidak kalah suburnya dengan daerah lain. Sehingga tak tanggung-tanggung, pertanian dijadikan sebagai program unggulan di masa pemerintahannya. Hal itu tentunya diintegrasi dengan sektor-sektor lainnya.

“Apa bedanya kesuburan daerah lain dengan butur?, apa bedanya potensi daerah lain untuk menjadi lahan ternak dibanding dengan daerah kita?, tidak ada bedanya,” katanya.

Baca Juga : Petani Butur Dapat Bantuan Alat dan Mesin Pertanian

Jika program kerja yang ia canangan dilaksanakan secara serius, maka akan tercipta lapangan kerja, dan tentu dapat mendongkrak pendapatan masyarakat. Salah satu produk unggulan yang sedang populer dikembangkan saat ini adalah beras organik, yang telah dipromosikan oleh Kementerian Pertanian di Belanda beberapa waktu lalu.

“Kalau ini kita lakukan, maka kurang lebih 80 persen masyarakat Butur sudah tidak kehilangan lapangan kerja. Akan meningkat pendapatannya, penghasilannya, sehingga angka kemiskinan bisa kita tekan, dan angka pengangguran pun bisa kita tekan,” ungkap Abu Hasan. (A)

 

Reporter : Irsan Rano
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here