Tampilan Desktop


Buton Zona Merah Pilkada, Kepolisian Perketat Pengamanan
111 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sebagai salah satu daerah yang akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), pada 5 Februari 2017 mendatang. Kabupaten Botun menjadi salah satu daerah yang di nilai rawan terjadinya konflik, antar pendukung pasangan calon (paslon) kepala daerah, Jumat (7/10/2016).

Ilustrasi

Ilustrasi

Meski demikian, Kapolres Buton, AKBP Andi Herman mengaku, kesiapan pihaknya dalam pengamanan pilkada di wilayah Buton maupun Buton Selatan (Busel), telah lakukan pihaknya sejak dari tahapan pendaftaran lalu.

“Kami sudah siap yang pasti zona apapun itu kami siap, jadi dari awal kami di sana saya katakan bahwa saya tidak akan meremehkan saya, saya selalu beranggapan bahwa semuanya rawan. Jadi saya harus siap dan memperketat dengan segala situasi yang timbul nantinya,” tuturnya.

Dari total 334 personil Polres Buton, lanjut Kapolres, pihaknya akan menyiapkan dua pertiga dari total 334 personil untuk melakukan pengamanan pilkada. Tak hanya itu, untuk mendukung kesuksesan pilkada di dua daerah tersebut, pihaknya juga telah mempersiapkan Bantuan Kendali Operasi (BKO) dari Polda Sultra, Brimob Polda Sultra, Dit Polair Polda Serta serta BKO Pengendali Massa (Dalmas) Polda Sultra dan Dalmas Polres Rayon.

“Untuk di pelosok-pelosok kebetulan yang ada di dua kabupaten ini, itu hanya ada satu. Tempatnya itu di kepulauan Siompu, Busel, di situ ada satu kecamatan. Kalau yang lainnya itu di darat semua,” ujarnya.

Terkait dengan insiden pengrusakan kantor KPU Buton beberapa saat lalu, pihak Polres Buton telah melakukan pengamanan ketat dengan menurunkan 300 personil bersenjata lengkap. Demi kelacaran proses pilkada di Buton dan Busel, Kapolres berjanji akan memberikan jaminan keamanan ke pihak KPU dan Bawaslu.

“Jadi apapun itu keputusannya kami hanya mengawal, kami hanya tekankan tidak ada pembakaran kantor. Kemudian kami pastikan dan kami selalu memberikan jaminan kepada mereka.

Kepada Panwas jangan ragu-ragu dalam mengambil keputusan, putuskan apa yang sesuai dengan aturan. Jangan mengambil keputusan yang bertentangan dengan aturan, apapun imbas dari keputusan itu polres siap untuk mengamankan,” tutupnya.  (B)

 

Reporter: Randi Ardiansyah
Editor Tahir Ose

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com