Calon Jemaah Haji Kolaka Mulai Divaksinasi

Calon Jemaah Haji Kolaka Mulai Divaksinasi
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Kementerian Agama Kabupaten Kolaka bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka mulai memberikan vaksin Meningitis Meningokokus kepada calon jemaah haji Kabupaten Kolaka.

Dilansir dari website sultra.kemenag.go.id, Selasa (12/3/2019), para jemaah haji saat ini masuk pada tahap pemeriksaan kesehatan, tahapan kedua sekaligus pemberian vaksin tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka, Harun Masirri, mengatakan pemeriksaan ini dilakukan sebagai upaya penilaian status kesehatan lanjutan, dan penentuan kelayakan terhadap calon jemaah haji.

“Pemeriksaan kesehatan haji disebar pada empat puskesmas yang dikoordinasikan dengan Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan masing-masing,” kata dia.

(Baca Juga : Gubernur Minta Menteri Agama Bangun Embarkasih Haji di Sutra)

Adapun jadwal pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi pertama dilakukan pada Selasa 12 Maret 2019 di Puskesmas Kecamatan Pomalaa. Puskesmas Pomalaa melayani 189 calon jemaah haji asal Kecamatan Pomalaa, Baula, Tanggetada, Watubangga, dan Toari.

Kemudian, Puskesmas Kecamatan Wolo melayani pemeriksaan kesehatan terhadap 52 calon jemaah haji asal Kecamatan Wolo, Samaturu, dan Iwoimenda pada Rabu 13 Maret 2019.

Selanjutnya, Puskesmas Kecamatan Kolaka melayani 105 calon jemaah haji asal Kecamatan Kolaka dan Wundulako pada Kamis, 14 Maret 2019. Sementara, Puskesmas Kolakaasi melayani 53 calon jemaah haji asal Kecamatan Latambaga pada Jumat, 15 Maret 2019.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Kolaka, Alimuddin, mengatakan total calon jemaah haji asal Kabupaten Kolaka tahun ini yang diperiksa sejumlah 399 orang termasuk cadangan.

“Pemeriksaan kesehatan haji tahap kedua ini kami telah upayakan lebih awal bersama Dinkes Kolaka agar terealisasi secepatnya,” ungkap Alimuddin.

Selain pemeriksaan kesehatan, kata dia Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kendari, juga akan melaksanakan senam kebugaran jemaah yang akan dilaksanakan pada Rabu, 13 Maret 2019 di Kolaka. (b)

 


Kontributor : Sitti Nurmalasari
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib