Tampilan Desktop



Camat dan DPMD Butur Diminta Tuntaskan Masalah Pergantian Perangkat Desa
67 Dibaca

Camat dan DPMD Butur Diminta Tuntaskan Masalah Pergantian Perangkat DesaDIALOG – Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD Butur Roman saat berdialog dengan Massa Forum Pemerhati Pembangunan Desa (FPPD) di Kantor DPMD setempat, Selasa (1/8/2017). (Irsan Rano/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Pergantian perangkat Desa di Desa Linsowu, Jampaka, dan Tomoahi Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara diprotes sejumlah aktivis Forum Pemerhati Pembangunan Desa (FPPD) setempat. Mereka menilai, persoalan tersebut kini menuai pro dan kontra di tengah masyarakat, sehingga perlu dilakukan langkah konkrit oleh instansi terkait, dalam hal ini Camat Kulisusu serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Butur agar persoalan tersebut tidak lagi menjadi bahan perdebatan.

Koordinator Lapangan (Korlap) Aswad menyampaikan, polemik terkait kebijakan kepala desa itu semestinya tidak dibiarkan berlarut-larut. Karena itu, harus segera diselesaikan sehingga tidak menjadi masalah yang berkepanjangan.

“Ini menjadi tugas daripada pemerintah daerah serta pihak-pihak terkait lainnya untuk menyelesaikan persoalan tersebut,” kata Aswad di Kantor DPMD Butur, Selasa (1/8/2017).

Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD Butur, Roman yang menerima massa FPPD menyampaikan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti tuntutan yang disampaikan oleh massa aksi. “Aspirasi adik-adik, tetap akan kita tindak lanjuti,” ungkap Roman.

Menurut dia, pihaknya akan bersama-sama camat setempat membicarakan persoalan itu. Lanjutnya, surat keputusan pemberhentian dan pengangkatan perangkat desa yang dikeluarkan oleh kades, dapat dianulir jika itu tidak memiliki dasar yang kuat.

“Persoalan ini perlu dimusyawarahkan secara baik-baik. Bilamana kepala desa tidak mempunyai dasar yang kuat untuk mengganti perangkatnya, maka kemungkinan besarnya adalah SK tersebut harus dicabut,” terangnya.

Usai berdialog di DPMD, massa bergerak menuju ke Kantor DPRD Butur menyampaikan aspirasinya. Pantauan media, aksi berjalan dengan damai. Terlihat petugas Kepolisian, TNI, dan Satuan Polisi Pamong Praja terus mengawal jalannya aksi hingga selesai.(B)

 

Reporter : Irsan Rano
Editor : Kiki

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free