iklan zonasultra

Capaian PAD Dishub Konut Melebihi Target

Pelaksanan tugas (Plt) Kadishub Konut, Haris L
Aris L

ZONASULTRA.COM,WANGGUDU – Capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Konawe Utara (Konut) pada 2018 menorehkan hasil yang melebihi target. Dishub berhasil memaksimalkan pemasukan baik dari retribusi maupun pajak di daerah yang dipimpin Bupati Ruksamin itu.

Dari target yang diberikan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Konut sebesar Rp 900 juta, Dishub mampu mengatasinya dan memperoleh pendapatan yang lebih dengan total PAD sebesar Rp 1,16 miliar untuk pembukuan 2018.

Kapala Dishub Konut, Aris L mengatakan, pemasukan PAD diperoleh, di antaranya dari hasil retribusi terminal dan pelabuhan pertambangan (jetty) selama satu tahun. Aktivitas pertambangan menjadi sektor yang menyumbang PAD terbesar.

Pada 2018 tidak semua pihak pengguna jasa merealisasikan kewajibannya membayar untuk PAD. Namun demikian, Aris belum mau menyebut nama perusahaan yang dimaksud karena dalam waktu dekat akan dibayarkan.

Dari hasil koordinasi yang dilakukan, Dishub menegaskan untuk diselesaikan pada 2019 ini. “Hampir semua yang bayar PAD, sisanya akan dilunasi di 2019 ini. Pembayarannya langsung melalui transfer di rekening kas daerah, tidak ada terima tunai,” kata Aris, Jumat (2/1/2019).

Aris menjelaskan bahwa capaian PAD 2018 melebihi target karena keaktifan jajaran Dishub yang melakukan pengawasan dan pemantauan seperti di bidang pertambangan. Selain itu juga disebabkan oleh perusahaan yang aktif membayar pajak maupun retribusi.

Pada 2019 ini target PAD yang diberikan naik sebesar Rp 1,5 miliar. Aris meyakini jumlah itu dapat dicapai dengan menggerakkan seluruh jajarannya untuk bekerja lebih maksimal sesuai tugas pokok dan fungsi yang diberikan.

“Jumlah target itu tentunya lebih memacu kami lagi untuk lebih optimal bekerja. Tentu harus rajin turun lapangan,” pungkasnya. (B)

 


Reporter: Jefri Ipnu
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib