Tampilan Desktop



Cegah Banjir ke Perkebunan, Warga Lametono Bangun Talud
62 Dibaca

Cegah Banjir ke Perkebunan, Warga Lametono Bangun TaludBANGUN TALUD – Warga Desa Lametono, Kecamatan Lasolo bekerjasama membangun talud untuk mencegah banjir yang datang jika hujan mengguyur desa mereka. (Jefri/ZONASULTRA.COM).

 

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Sejumlah warga di Desa Lametono, Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) membuat talud untuk mencegah terjangan banjir ke kebun warga ketika hujan mengguyur desa mereka.

Talud dibangun dengan ketinggian 1,5 meter itu diharapkan mampu menahan terjangan air . Dengan pembangunan talud, warga berharap tak ada lagi gagal panen yang disebabkan rendaman banjir di perkebunan warga

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Desa (Kades) Lametono, Abaruddin mengatakan, lokasi perkebunan yang diolah warga di Lametono luasanya mencapai ratusan hektar.

“kami menggunakan dana desa APBN Rp 339 juta. Jadi selain talud kami juga membenahi jembatan dan perbaikan jalan. Untuk pengerjaanya dilakukan secara swadaya,” kata Abarudin dilokasi kegiatan, Sabtu (15/7/2017).

Abu Sahi, warga Desa Lametono mengungkapkan, bersukur dengan adanya pembangunan talud dan jembatan serta beberapa infrastruktur pertanian. Banjir melanda di Desa Lametono telah memusnahkan tanaman warga seperti cengkeh, cokelat, merica dan kelapa.

“Alhamdulillah kasian sudah dibagunmi ini jembatan, talud dan perbaikan jalan. Kami semua warga yang kerja disini. 90 persen warga mengantungkan hidupnya dari hasil kebun sementara kalau datang hujan langsung banjir. Tidak hanya jalan putus tapi tanaman juga habis,” terangnya sambil menunjukkan kali yang sering meluap ketika hujan mengguyur. (C)

 

Reporter : Jefri Ipnu
Editor : Tahir Ose

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com