Tampilan Desktop



Cegah Penyebaran DBD, Dinkes Butur Surati Kepala Puskesmas, Warga Diminta Waspada
50 Dibaca

Kepala Dinas Kesehatan Butur, dr. Edy Madi Isa melalui kepala bidang Pemberantasan Penyakit Manular (P2M) La Ode Zukri mengatakan, pihaknya menyurati seluruh Puskesmas yang ada di Butur untuk segera

Kepala Dinas Kesehatan Butur, dr. Edy Madi Isa melalui kepala bidang Pemberantasan Penyakit Manular (P2M) La Ode Zukri mengatakan, pihaknya menyurati seluruh Puskesmas yang ada di Butur untuk segera melakukan langkah-langkah kongkrit dalam pencegahan DBD. Kata dia, hal itu dilakukan karena hanya  dalam kurun satu bulan, sudah ada tiga orang pasien yang terkena virus yang berasal dari gigitan nyamuk tersebut. 
“Surat itu merupakan salah satu langkah kita ambil untuk melakukan pencegahan merebaknya virus dengue,” kata La Ode Zukri  kepad zonasultra.com, Jum’at (30/1/2015) di ruang kerjanya.
Para kepala Puskesmas diminta untuk meningkatkan koordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk dapat menyelenggarakan penggerakan peran serta masyarakat dalam pemberantasan jentik, sarang nyamuk dan penyuluhan di semua tatanan. 
Selanjutnya agar segera menyiapkan pelayanan kesehatan untuk mengantisipasi peningkatan kasus. Selanjutnya, Puskesmas segera meningkatkan upaya dan deteksi dini, surveilans ketat dan epidomiologi. Dan yang terakhir meningkatkan upaya-upaya preventif pada masyarakat dan melaporkan segera mungkin bila terdapat kasus atau terdapat potensi KLB  ke Dinas Kesehatan Butur.  
Selain surat tersebut,  tambah dia tindakan yang dilakukan oleh Diknas sendiri  adalah melakukan penyemprotan kerumah  pasien positif DBD tersebut, untuk membunuh dan menghancurkan jentik, dan sarang nyamuk. 
“Kita sudah lakukan penyemprotan. Langkah itu dilakukan ketika sudah ada pasien yang positif,”ujarnya.
Dijelaskannya, ketiga pasien yang terinfeksi virus dengue itu, berasal dari desa WaOde Buri Kecamatan Kulisusu Utara (Kulut) yang terdiri dari dua laki-laki, dan seorang perempuan.
La Ode Zukri, mengatakan agar masyarakat meningkatkan kewaspadaanya, untuk mencegah warga terkena penyakit DBD. Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah selalu menjaga kebersihan dilingkungan sekitar
“Kita akan usahakan agar tidak ada lagi kasus yang berasal dari gigitan nyamuk Aedes Aegypty,” akunya.(***/Darso)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free