Tampilan Desktop



Cegah Resiko Bencana Alam, Pemda Konsel Tandatangan Mou dengan USAID
84 Dibaca

Cegah Resiko Bencana Alam, Pemda Konsel Tandatangan Mou dengan USAID

KERJA SAMA – Wakil Bupati Konsel Arsalim Arifin bersama Direktur Program USAID APIK Paul Jeffrey saat menandatangani perjanjian kerja sama di Kelurahan Lalowaru, Kecamatan Moramo Utara, Rabu (8/2/2017). Perjanjian ini bertujuan untuk mengelola resiko bencana dan iklim di Kabupaten Konawe Selatan. (ERIK ARI PRABOWO/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Guna mengelola resiko bencana dan iklim di Kabupaten Konawe Selatan, pemerintah daerah setempat menjalin kerjasama dengan Badan Bantuan Pembangunan Internasional Amerika atau United States Agency for International Development (USAID) melalui program adaptasi perubahan iklim dan ketangguhan (APIK). Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan langsung oleh Wakil Bupati Konsel Arsalim Arifin di Kelurahan Lalowaru, Kecamatan Moramo Utara, Rabu (8/2/2017).

Direktur Program USAID APIK Paul Jeffrey menjelaskan bahwa APIK merupakan program jangka waktu lima tahun yang bertujuan mengelola resiko bencana dan iklim serta membantu mengintegrasikan adaptasi perubahan iklim dan pengurangan resiko bencana.

usaid_konsel1“Selain kerja sama dengan pemda dalam kegiatan ini kami juga bermitra dengan lembaga swadaya masyarakat (LSM), perguruan tinggi, dan juga masyarakat,” kata Paul.

Sementara itu, Wakil Bupati Konsel Arsalim Arifin  mengatakan, untuk mendukung program APIK ini pihaknya telah menuangkannya ke dalam rencana pembangunan jangka menegah daerah (RPJMD) tahun 2017. Ada empat organisasi perangkat daerah (OPD) yang dilibatkan yaitu Bappeda, badan penanggulangan bencana daerah (BPBD), dinas perikanan dan kelautan, dan dinas tanaman pangan dan holtikultura.

Arsalim berharap hingga akhir masa jabatan pada 2021 mendatang, resiko bencana alam di Konsel dapat diminimalisir. “Target kita lima tahun ke depan kita harapkan resiko bencana alam bisa berkurang hingga 60 persen,” ujarnya. (B)

 

Reporter : Erik Ari Prabowo
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free