Tampilan Desktop


Cuaca Buruk, Pesawat Lion Air Batal Terbang Dari Makassar ke Baubau
226 Dibaca

ZONASULTRA.COm, BAUBAU– Cuaca buruk kembali melanda Kota Baubau yang mengakibatkan batalnya penerbangan Pesawat Lion Air rute Makassar-Bauabu. Sesuai jadwal penerbangan, Lion Air seharusnya mendarat di bandara Batoambari Baubau pukul 17.15 Wita.

 Cuaca Buruk, Pesawat Lion Air Batal Terbang Dari Makassar ke Baubau

Ilustrasi

Hal ini dibenarkan Kepala Bandara Betoambari, Agus Sugeng Widodo. Ia mengatakan cuaca yang terjadi pukul 16.00 Wita hingga jam 17.00 sangat buruk yang mengakibatkan jarak pandang hanya sekitar 500 meter.

Menurutnya, pesawat Lion Air seharusnya terbang dari Makassar menuju Kota Baubau terpaksa dibatalkan (delay), lantaran jarak pandang yang ada di kota itu hanya sekitar 500 meter.

“Berdasarkan aturan penerbangan harus memiliki jarak pandang sekitar 5 kilometer. Untuk itu pihak maskapai melakukan penundaan penerbangan dan meminta ijin untuk melakukan pendaratan besok jam 06.00 Wita,” kata Agus Sugeng Widodo, Rabu (23/3/2016).

Terkait penumpang pesawat, pihak maskapai terpaksa menginapkan seluruh penumpang di salah satu hotel di Kota Makassar. Selanjutnya Kamis (24/3/2016) dini hari baru bersiap untuk melakukan penerbangan kembali menuju Kota Baubau. Rencananya pesawat Lion Air ini tiba di Kota Baubau Kamis pagi pukul 06.00 wita.

“Ya, jika berdasarkan jadwal rutin seharusnya yang mendarat pagi pesawat garuda, namun untuk hal ini lebih dahulukan pesawat Lion Air dan dilanjutkan dengan pesawat berikutnya,” ujar Agus.

Lebih lanjut Agus mengatakan, pilot enggan menggambil resiko meski cuaca di Kota Baubau sudah normal dan Bandara Betoambari sendiri sudah bisa dilakukan pendaratan pesawat pada malam hari.

Berdasarkan data yang dihimpun pihak bandara Betoambari Baubau, pesawat Lion Air ini bernomor penerbangan IW 1308, dengan jumlah penumpang 70 orang yakni dewasa 68 orang dan bayi 2 orang.

 

Penulis : Mulyadi
Editor   : Rustam

Tagged with:
JN ZonaSultra

View all contributions by JN ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com