Tampilan Desktop

Dana Desa Besar, PKPD Beri Bimntek Pada 4 Kecamatan Kabupaten Konawe
67 Dibaca

Dana Desa Besar, PKPD Beri Bimntek Pada 4 Kecamatan Kabupaten Konawe

BIMTEK NASIONAL– Sosialisasi bimbingan teknis nasional peningkatan kapasitas aparatur desa pemerintahan desa serta penerapan teknologi tepat guna dalam rangka peningkatan dan pemberdayaan Bumdes se-Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara di Hotel Clarion Kendari, Selasa (7/6/2016). Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Pemkab Konawe bersama Pusat Konsultasi Pemerintahan Desa (PKPD). (ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) bekerjasama dengan Pusat Konsultasi Pemerintahan Desa (PKPD) menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan dana desa kepada sejumlah desa yang ada di empat kecamatan di Konawe di Hotel Grand Clarion Kendari, Selasa (7/6/2016).

Direktur Program PKPD Amiruddin Muhammad mengungkapkan bimtek nasional ini merupakan bentuk sosialisasi penerapan sistem informasi manajemen desa dan penataan administrasi desa, sebagaimana tujuan dari program Nawacita membangun daerah-daerah dari pinggiran dan membangun kepercayaan publik.

“Artinya administrasi desa harus dibenahi dan pelayanan di tingkat desa harus dibenahi agar lebih maksimal,” kata Amiruddin.

Menurut Amiruddin, ketersediaan SDM di desa sangat diperlukan karena begitu besarnya kucuran dana yang digelontorkan pemerintah pusat ke tiap desa. Dan alangkah lucunya jika dana desa yang begitu besar, namun tak ada pelayanan yang maksimal dari aparatur desa.

Dijelaskan, pihaknya memiliki software administrasi manajemen desa guna meningkatkan pelayanan yang maksimal dengan proses yang mudah mulai dari silsilah keluarga, jumlah penduduk per dusun, menyaring daftar pemilih tetap (DPT), buku ekspedisi, profil desa, surat menyurat, administrasi desa, buku keputusan dan buku aturan desa serta database.

Melihat kurangnya SDM di tingkat desa, pihaknya memberikan metode mudah pada sistem software karena berbasis word dengan pola yang dibuat mudah dan tidak rumit akan tetapi tetap memberikan database yang akurat.

“Kami akan memberikan pelatihan terlebih dahulu 4 hari 3 malam terkait pelatihan sistem informasi administrasi desa,” ungkapnya.

Sebelumnya PKPD telah melakukan sosialisasi di Kabupaten Muna. Dan Kabupaten Konawe merupakan daerah kedua di Sultra yang diberikan pelatihan.

Terkait daerah lainnya di Sultra, Amiruddin mengatakan semua tergantung pada pemerintah kabupaten (Pemkab) masing-masing apalagi pemkab sendiri telah memiliki anggaran pelatihan peningkatan SDM dan kapasitas aparatur desa.

4 Kecamatan yang mengikuti bimtek nasional dari Kabupaten Konawe adalah Kecamatan Pondidaha, Routa, Wonggeduku dan Wonggeduku Barat dengan jumlah peserta 100 orang dari kalangan kepala desa hingga aparatur desa lainnya. (B)

 

Penulis: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com