Tampilan Desktop


Dana Desa di Buton Meningkat Dua Kali Lipat
157 Dibaca

ZONASULTRA.COM,PASARWAJO– Alokasi dana desa dari pusat untuk seluruh desa di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun anggaran 2016, mengalami kenaikan hingga dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

Dana Desa di Buton Meningkat Dua Kali Lipat

Asrudin

Jika tahun 2015 lalu, desa di Buton hanya mendapatkan Rp.260 juta, maka pada tahun inin meningkat menjadi Rp.600 juta per desa.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pembangunan Desa (BPMPD) Kabupaten Buton, Asrudin mengatakan, peningkatan anggaran dana desa (ADD) ini karena pada tahun 2015 lalu laporan pertanggungjawaban desa di daerah itu cukup bagus.

“Alhamdulillah, tahun ini kita dapat penambahan dana desa dua kali lipat hingga 600 juta. Saya berharap, dengan peningkatan dana desa yang cukup besar ini dapat dikelola dengan baik dan tepat sasaran,” kata Asrudin, saat ditemui awak media zonasultra.com ruang kerjanya, Kamis (21/1/2016).

Untuk pencairan, masih sama tahun lalu, yakni dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD), lalu ke rekening desa masing-masing.

“Adapun pencairan tahap satu akan dikucurkan dari pemerintah pusat April mendatang,” ujarnya.

Adapun penggunaan dana desa tetap berpedoman pada Kementrian Desa dan Daerah Tertinggal. Para kepala desa wajib mengikuti petunjuk yang ada, agar tidak terjadi hal yang merugikan dirinya sendiri. Dan terpenting Anggaran tersebut bisa dirasakan masyarakat.

Untuk diketahui, jumlah penerima dana desa sebanyak 83 desa yang tersebar diseluruh kecamatan di daerah itu.

 

Penulis : Nanang
Editor : Rustam

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com