Tampilan Desktop


Dana Desa Matanggonawe Dialokasikan Pembangunan Jembatan Permanen
151 Dibaca

Pembangunan jembatan permanen yang menghubungkan ke persawahan masyarakat dengan luas sekitar 100 hektar.

JEMBATAN PERMANEN – Pembangunan jembatan permanen yang menghubungkan ke persawahan masyarakat dengan luas sekitar 100 hektar. (FOTO:MURTAIDIN/ZONASUL TRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Pemerintah desa Matanggonawe Kecamatan Sawa, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) membanguan jembatan permanen yang dananya berasal dari dana Desa dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) tahun 2016. Jembatan tersebut seluas seluas 6×5 meter.

Kepala Desa Matanggonawe, Limpo mengatakan, pembangunan jembatan permanen telah beberapa kali diusulkan ke pemerintah kabupaten sejak tahun 2014. Namun, tidak pernah mendapat respon. Menurutnya, jembatan permanen tersebut sangat dibutuhkan masyarakat, mengingat jembatan tersebut sebagai jalur penghubung usaha pertanian.

“Luas sawah di sini sekitar 100 hektar, itu pun masih ada yang belum dibuka,” kata Limpo, di lokasi pembangunan jembatan, Sabtu (17/9/2016).

Ia melanjutkan, pada masa pemerintahan Aswad Sulaiman-Ruksamin, tahun 2014 lalu pernah dilakukan panen raya.

Selain jembatan permanen, lanjutnya, dana desa sebesar Rp.593 juta juga dibangun drainase sepanjang 85 meter, dan rehab saluran irigasi sepanjang 140 meter.

“Semua pekerjaannya masyarakat yang lakukan,” ujarnya.

Selain itu, tambahnya, pemasangan lantai keramik balai pertemuan juga dilakukan. Dengan menggunakan anggaran dana desa (ADD) yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) kabupaten sebesar Rp.7 juta.

“Dalam laporan pertanggungjawaban (LPJ) saya 60 dos keramik. Yang kami pasang sebanyak 168 dos,” ungkapnya. (B)

 

Reporter : Murtaidin Mumu
Editor : Kiki

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com