Tampilan Desktop

Dana Desa Tahap Pertama 2016 Cair Juli
311 Dibaca

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU– Sebanyak 157 desa lingkup pemerintah Kabupaten Konawe Utara Sulawesi Tenggara (Sultra) harus bersabar lagi untuk menerima anggaran ratusan juta yang berasal dari APBN. Pasalnya, dana desa yang ditunggu-tunggu itu, diperkirakan baru dapat dicairkan Juli mendatang.

Dana Desa Tahap Pertama 2016 Cair Juli

Ilustrasi

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Konut, Alpian melalui Kabid pemerintah desa (Pemdes), Ahmad mengatakan, untuk saat ini sebagai instansi yang membawahi para kepala desa baru sementara dilakukan penyusunan anggaran.

“Belum ini, kalau diperaturan itu nanti tanggal 5 bulan Juli 2016 ini. Kalau sementara ini kita baru lagi buat pagunya dulu, baik APBD maupun APBN. Setelah itu kita hitung baru dilaporkan ke Kementerian Keuangan,” kata Ahmad, Kamis (4/2/2016).

Terkait berapa jumlah dana desa yang akan diterima setiap kepala desa per tahunnya, Ahmad belum mengetahuinya secara pasti. Namun, rata-rata jumlah yang akan diterima sekitar Rp.565 juta per desa.

“Sekitar Rp.565 juta, tapi itu ada tambahan sebesar Rp.5 Miliar untuk dana permulaan. Tapi yang akan mereka terima itu tidak sama jumlahnya,” ujarnya.

Tahun 2015 lalu, lanjut Ahmad, total kepala desa yang menerima dana desa sebanyak 135 desa. Dan ditahun 2016 mengalami peningkatan 22 desa. Sehingga total desa yang akan menerima dana yang bersumber dari APBN itu sebanyak 157 kepala desa. Dan penambahan desa itu berasal dari desa pemekaran tahun 2015 lalu.

 

Penulis : Murtaidin
Editor  : Rustam

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com