Tampilan Desktop


Dana Pilkada Konsel Dipastikan Aman
10 Dibaca

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO- Dana pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah (Pilkada) 9 Desember mendatang dipastikan aman. Itu setelah Pemda setempat mengalokasikan dalam anggaran pendapatan belanja daerah perubahan (APBD-P) yang ditetapkan, Rabu (2/9/2015).

Dalam APBD perubahan ini, Pemda Konsel menganggarkan Rp.20,75 miliar. Sebelumnya Pemda hanya menganggarkan Rp.8,75 miliar pada APBD induk. Dengan adanya dana tambahan tersebut maka total dana Pilkada sebanyak Rp.29,5 miliar. Dana tersebut sudah termasuk alokasi dana untuk Panwas dan pengamanan Pilkada.

Selain penambahan dana Pilkada, Pemda Konsel juga mengalokasikan anggaran untuk gaji PNS hingga Desember 2015 yang sebelumnya tidak tercukupi.

Pj Bupati Konsel Irawan Laliasa mengatakan salah satu alasan utama dilakukannya perubahan APBD 2015 dikarenakan belanja gaji dan tunjangan pegawai tidak mencukupi ketersediaan anggaran hingga bulan Desember mendatang. Ditambah lagi Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel harus Pilkada dipenghujung tahun 2015 itu.

Karena hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat penting, menurut Irawan, maka tim anggaran Pemda bersama badan anggaran legislatif berupaya keras untuk melakukan rasionalisasi dan normalisasi anggaran untuk dapat terpenuhi.

“Jadi untuk beberapa kegiatan yang ada di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) kami lakukan pemangkasan guna memenuhi kedua komponen belanja tersebut,” kata Irawan Laliasa.

Dalam APBD Perubahan tersebut mengalami kenaikan anggaran sebesar 18,14 persen dari nominal anggaran pendapatan pada APBD induk yang tadinya berada diangka Rp.904 miliar naik atau bertambah sebesar Rp.164 miliar. Sehingga total pendapatan yang dianggarkan pada APBD perubahan tahun 2015 menjadi Rp.1,068 triliun.

“Hal ini disebabkan karena penambahan alokasi anggaran dari pemerintah pusat seperti penambahan anggaran dana alokasi khusus, dana desa dan tunjangan guru baik sertifikasi maupun tunjangan profesi guru,” ujarnya.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com