Tampilan Desktop


Dana Tidak Cukup, Hasil Reses DPRD Kolaka Tak Maksimal
36 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Anggota komisi III DPRD Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), Hasbi mengeluhkan anggaran untuk reses mereka sangat sedikit.

Dana yang sedikit itu, bahkan dianggap tidak mencukupi untuk menjangkau pelaksanaan reses di wilayah daerah pemilihan (dapil) masing-masing anggota dewan. Akibatnya, hampir semua hasil reses para Legislator Kolaka itu tidak maksimal.

Politisi partai Hanura itu mengungkapkan, dari dana reses DPRD Kolaka yang dianggarkan sebesar Rp 10 juta, hanya mampu membiayai kegiatan reses di tiga lokasi. Sementara agenda reses mereka direncanakan mencakup empat lokasi.

“Kalau biaya konsumsi undangan rata-rata Rp 30 ribu per orang, sedangkan jumlah undangan (masyarakat dan konstituen) yang harus hadir minimal 100 orang. Jadi biaya konsumsi reses saja sudah menghabiskan anggaran Rp 3 juta per lokasi,” kata Hasbi di ruangannya, Senin (2/11/2015).

Menurutnya, untuk memaksimalkan hasil reses, anggaran yang diperlukan setiap anggota DPRD minimal Rp15 juta.

“Jumlah itu sudah bisa menutupi semua anggaran konsumsi di empat lokasi, biaya perlengkapan rapat dan penggantian transportasi staf anggota,” jelasnya.

Di tempat terpisah, Sekretaris DPRD Kolaka Abbas Madenuang mengatakan, anggaran reses yang diberikan kepada anggota DPRD sudah sesuai dengan peraturan Bupati Kolaka. Anggaran itu diberikan sesuai dengan kemampuan APBD.

“Kita bisa saja naikan anggaran reses mereka. Tapi itu harus sesuai seimbang dengan jumlah APBD kita. Kalau APBD meningkat, pasti kita usulkan supaya dinaikan anggarannya,” jelas Abbas.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com