Tampilan Desktop


Dekranasda Konsel Jadikan Tenun Sebagai Hasil Kerajinan Andalan Daerah
79 Dibaca

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO– Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda)  Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) akan menjadikan sarung tenun olahan tangan yang berlambang tanduk anoa, sebagai andalan kabupaten itu.

Ketua Dekranasda Konsel, Nurlin Surunuddin

Nurlin Surunuddin

Ketua Dekranasda Konsel, Nurlin Surunuddin mengatakan saat ini pihaknya sedang merancang logo tanduk anoa, yang merupakan ciri khas kabupaten itu untuk dipasang pada sarung tenun yang banyak dipakai oleh kaum perempuan.

“Kita akan masukkan kerajinan tangan khas daerah Konsel ini terutama tenun yang berlogo tanduk anoa,” katanya, Selasa (16/8/2016)

Menurut Nurlin, pada  2017 mendatang, logo tanduk anoa tersebut baru akan digunakan  pada setiap tenunan yang ada.

Nurlin melanjutkan, pihaknya bersama beberapa kabupaten telah memamerkan hasil karya tersebut dihadapan Ibu Presiden dalam kegiatan Dekranas di Jakarta dan mendapatkan apresiasi dari ibu negara.

“Ibu  Iriana,  membeli milik kami yang sudah dipamerkan, saat itu beliau memberikan apresiasi atas karyalokal dari Konawe Selatan” ujarnya.

Melihat banyaknya kerajinan yang ada dikabupaten itu, pihaknya juga akan mengembangkan kerajinan lain yang dapat menopang pendapatan masyarakat kabupaten itu. (B)

 

Reporter Irfan Mualim
Editor Tahir Ose

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com