Tampilan Desktop



Dekranasda Sultra Sukses Cetak Prestasi
52 Dibaca

Tina Nur Alam

Tina Nur Alam

 

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Selama masa kepemimpinan Tina Nur Alam sebagai Ketua Dewan Kerja Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), sejumlah prestasi berhasil ditorehkan.

Anggota Komisi IX DPR RI itu mengatakan jika peningkatakan kapasitas dan kemampuan Dekranasda Sultra terus mengalami peningkatakan sejak tahun 2008 hingga saat ini. Salah satunya adalah  meningkatnya produktivitas kerajinan tangan daerah yang berhasil meraih juara di ajang pameran nasional bahkan mancanegara.

“Kita harus bersyukur, sekarang semakin maju apalagi dengan adanya ditemukan warna tenun alami,” ungkap Tina saat dikonfimasi usai acara Rakerda Dekranasda Provinsi, Senin (6/3/2017).

Salah satu prestasi yang diraih adalah penghargaan untuk karya unggulan terbaik kategori logam dalam Dekranas Award 2016, atas desain bros saat pembukaan Rakernas serta pameran Dekranas se Indonesia di Gedung Smesco, Jakarta.

Dekranasda Sultra  Sukses Cetak Prestasi

Tina Nur Alam saat meninjau kegiatan pameran kerajinan tangan Dekranasda Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kemudian, Cita Tenun Indonesia juga telah melakukan promosi tenun Sultra di beberapa negara yakni Kota Mumbai India, Washington DC, Paris Prancis, Dubai Uni Emirate Arab, termasuk pada ASEAN Fair November 2011 yang dilaksanakan di Peninsula Island, Nusa Dua Bali

Untuk kain tenun ini, dikatakan kader PAN Sultra ini bahwa tiga daerah di Sultra Buton, Muna dan Wakatobi memiliki jumlah pengrajin tenun yang cukup tinggi.

Pada tahun 2009 jumlah pengrajin hanya mencapai 130 orang dan ditahun 2017 mengalami peningkatan mencapai 380 orang.

Melihat potensi ini, Tina berusaha meningkatkan kerjasama Dekrnasda Provinsi, kabupaten/kota kami Cita Tenun Indonesia guna meningkatkan kualiatas tenun semakin tinggi. Salah satu langkah yang dilakukanpun dalam rakerda ini yakni dengan penandatangan MoU dengan kabupaten/kota.

Sementara itu Gubernur Sultra Nur Alam yang juga ketua Pembina Dekranasda Sultra mengungkapkan apresiasinya kepada perkembangan tenun di Sultra yang dikelola oleh Dekranasda provinsi serta kabupaten/kota.

“Saya berharap peningkatan kualitas akan ditingkatkan terus dan semoga pengganti saya nanti akan memiliki visi yang sama utuk meningkatkan Dekranasda Provinsi,” ungkapnya. (B)

 

Reporter Ilham Surahmin
Editor Tahir Ose

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free