Tampilan Desktop

Deteksi Penyakit Sejak Dini, Dinkes Konut Bersama BPJS Kesehatan Terapkan Program Konseling
68 Dibaca

Deteksi Penyakit Sejak Dini, Dinkes Konut Bersama BPJS Kesehatan Terapkan Program Konseling

FOTO BERSAMA – Kepala BPJS Konut Sulkifli (baju biru muda) bersama Ketua Penggerak PKK Konut, Nur Ponira Ruksamin (baju merah), Kepala Bidang Promosi Kesehatan Konut, Awaludin (baju merah tua) dan seluruh staf Dinkes Konut melakulan foto bersama dalam kegiatan Gerakan Nasional Pemeriksaan IVA/PAP untuk mendeteksi secara dini kanker rahim dalam rangka Hari Guru Nasional (HKG). (Jefri Ipnu/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan setempat menerapkan program konseling untuk mengetahui, mengatasi dan mencegah penyakit yang menimpa warga.

Kepala BPJS Konut Sulkifli kepada awak Zonasultra.com mengatakan, program konseling merupakan format data yang disajikan dan diberikan kepada masyarakat untuk memperoleh data kebiasaan aktifitas yang dilakukan sehari-hari.

“Jadi mereka mengisi data apa yang biasa mereka lakukan. Misalkan seperti merokok, hobi makan apa, kalau malam biasa kencing atau tidak, gelisah tidur atau tidak dan lain sebagainya. Didata skring itu sudah lengkap tinggal diisi saja. Setelah diisi distorkan kambali kepada kami dan nanti akan diperiksa oleh ahli medis yang profesional dibidangnya,” kata Sulkifli, Minggu (27/11/2016).

Setelah mendapatkan hasil uji lab, lanjut mantan Kepala BPJS Kota Samarinda ini, pihak medis akan menghubungi nomor ponsel pasien untuk mengimformasikan jenis penyakit yang dialaminya.

“Dari hasil itu kita langsung arahkan pasien untuk sesegera mungkin melakukan kontrol,” terangnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinkes Konut Nurjannah Efendi mengungkapkan, program yang dijalankan merupakan kerjasama antara Pemkab Konut dan BPJS sebagai pemback up melalui jalur birokrasi pusat.

“Program konseling ini salah satu upaya pemerintah Konut untuk menciptakan masyarakat yang sehat sejahtera dan jauh dari penyakit,” ucapnya.

Olehnya karena itu, Kepala Tata Usaha (KTU) Konut ini menghimbau masyarkat agar betul-betul merespon program yang dijalankan, tidak menutup diri dan mengabaikan program tersebut.

“Kita betul-betul berupaya untuk secapatnya mendapatkan info sebelum penyakit menyerang. Dengan begitu baik masyarkat maupun pemerintah tak perlu lagi mengeluarkan biaya besar karena sedini mungkin dapat dicegah,” tutupnya. (B)

 

Reporter: Jefri Ipnu
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com