Tampilan Desktop



Dewan Nilai Data Penerima Jamkesda di Kendari Tidak Jelas
68 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Data penerima Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) di Kota Kendari dinilai tidak jelas. Dinas Kesehatan Kota Kendari sebagai instansi teknis yang menangani persoalan ini sama sekali tidak memiliki data yang riil tentang berapa banyak masyarakat penerima Jamkesda di Ibukota Sulawesi Tenggara ini.

Anggota Komisi III DPRD Kota Kendari Ilham Hamra

Ilham Hamra

Anggota Komisi III DPRD Kota Kendari Ilham Hamra mengatakan, hingga saat ini pihaknya tidak mengetahui berapa jumlah masyarakat miskin di Kota Kendari yang sudah menerima Jamkesda. Seharusnya Dinas Kesehatan Kota Kendari sudah memiliki data tentang masyarakat miskin yang akan diberikan bantuan Jamkesda.

“Dengan adanya data ini tentunya kita bisa menyusun arah kebijakan program untuk Jamkesda ini. Sehingga dua atau tiga tahun kedepan kita sudah menuntaskan persoalan Jamkesda ini dan program Pemerintah Kota Kendari di bidang kesehatan berjalan dengan baik,” kata Ilham di ruang kerjanya, Senin (3/7/2017).

Salah satu bukti tidak terencananya pelaksanaan program Jamkesda di Kota Kendari adalah dikembalikannya sisa anggaran Jamkesda oleh Dinas Kesehatan Kota Kendari ke kas daerah. Seharusnya hal ini tidak perlu terjadi jika penyusunan data tentang masyarakat miskin di Kota Kendari telah ada.

Kedepannya harus ada sebuah kordinasi yang baik antara Dinas Kesehatan Kota Kendari dengan pihak kelurahan sebagai pemegang data warga miskin di daerah ini. Sebab dengan terciptanya kordinasi yang baik akan menghasilkan data yang riil tentang warga miskin yang berhak menerima Jamkesda.

“Kondisi ini tentunya sangat kita sayangkan sebab anggaran masih ada tetapi tidak bisa digunakan untuk program yang diperuntukan. Jadi kami dari DPRD Kota Kendari tentunya akan melakukan pengawasan yang lebih baik lagi terkait hal tersebut,” ujarnya. (B)

 

Reporter: M Rasman Saputra
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com