Tampilan Desktop


Dewan Tuding BPMPD Konut Bandel
155 Dibaca

Dewan Tuding BPMPD Konut Bandel

Rasmin Kamil

 

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU- Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Konawe Utara Sulawesi Tenggara (Sultra) dan para kepala desa di wilayah itu dituding bandel. Tudingan tersebut datang dari Ketua Komisi I DPRD, Rasmin Kamil.

Pasalnya, sebagai komisi yang membidangi pemerintahan, dirinya sejak dua bulan yang lalu telah menyurati BPMPD setempat untuk meminta laporan pertanggungjawaban (LPJ) penggunaan dana desa (DD) sebagai bahan pengawasan internal.

Namun, kata politisi PKB itu, hingga saat ini dari 143 kepala desa yang menerima dana desa baru sekitar 40 persen yang menyerahkan laporan. Meski demikian, hal tersebut bukanlah menjadi kendala dalam melaksanakan fungsi kontrol.

“Ini yang kita sesalkan kepada BPMPD, karena kami itu menyurat bukan sama kepala desa tapi sama BPMPD. Kalau ini tidak dipenuhi, kami akan panggil mereka kendala apa yang dihadapi. Biar LPJ dana desa susah sekali mau diserahkan,” kata Rasmin Kamil, Jumat (25/2/2016).

Dia mengatakan, penggunaan dana desa diduga syarat dengan korupsi. Karena prakter korupsi bukan hanya berbicara penyalahgunaan uang dana desa (DD), tetapi administrasi yang tidak lengkap itu juga masuk dalam ranah korupsi.

“Saya tidak memaksa mereka untuk menyerahkan, tapi mereka harus mampu menunjukkan desain dan RAB dilapangan sesuai atau tidak,” ancamnya.

 

Penulis : Murtaidin

Editor  : Kiki

 

 

Redaksi ZonaSultra

View all contributions by Redaksi ZonaSultra

Website: http://zonasultra.com

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com