Tampilan Desktop

Di Kolut Ditemukan 34 Penumpang, 3 Diantaranya Tewas
1601 Dibaca

ZONASULTRA.COM, LASUSUA– Kapal penumpang fiber KM Marina Baru 2B, rute Kolaka Sulawesi Tenggara (Sultra)-Siwa Sulawesi Selatan (Sulsel), yang tenggelam di perairan Siwa, Senin (19/12), berhasil ditemukan.

Sebanyak 94 orang penumpang yang tercatat dalam manifest penumpang, namun hingga saat ini banyak 34 penumpang yang berhasil dievekuasi oleh tim gabungan Rescue BPBD Kolut, Tim Sar Syuhada dan Basarnas Kolut, serta aparat kepolisian, TNI dan gabuangan instansi Pemda. Sedangang 4 penumpang lainya ditemukan oleh nelayan dari Siwa Kabupaten Wajo.

Dengan mengunakan dua buah kapal milik Pemda Kolut dan Viber Marina yang berlabu di pelabuhan Tobaku menyusuri area hilangnya kontak sebelum kapal tengelam. Kurang dari 5 kilometer di luar Desa Sulaho, Kecamatan Lasusua, tim menemukan sebagian penumpang yang mengalami kelelahan.

Para penumpang yang berhasil dievakuasi tersebut dilarikan dan ditampung di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Djafar Harun Kota Lasusua. Dari 34 penumpang yang berhasil dievekuasi, 3 diantaranya telah meninggal dunia.

Kapal penumpang fiber KM Marina Baru 2B, rute Kolaka Sulawesi Tenggara (Sultra)-Siwa Sulawesi Selatan (Sulsel), yang tenggelam di perairan Siwa, Senin (19/12), berhasil ditemukan. (Luis/ZONASULTRA.COM)

Kapal penumpang fiber KM Marina Baru 2B, rute Kolaka Sulawesi Tenggara (Sultra)-Siwa Sulawesi Selatan (Sulsel), yang tenggelam di perairan Siwa, Senin (19/12), berhasil ditemukan. (Luis/ZONASULTRA.COM)

 

Kapolres Kolut, AKBP Darmawan Affandi yang ditemui di RSUD Djafar Harun, Minggu (20/12/2015) mengungkapkan, pihakny menerima informasi insiden ini pada Minggu sore. Pihaknya bekerjasama dengan tim Rescue BPBD Kolut, Tim Sar dan Basarnas Kolut, serta aparat TNI langsung bergerak cepat ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk mengevakuasi para korban.

Hasilnya, 34 penumpang berhasil dievakuasidari jumlah tersebut tiga korban diantaranya ditemukan dalam kondisi sudah tidak bernyawa, yakni satu wanita dewasa dan dua anak kecil laki-laki dan perempuan.

“Jadi 34 penumpang yang kita evakuasi ini diluar ABK Kapal, karena ABK Kapal yang kita identifikasi ada tiga, yakni satu juru mudi dan dua ABK, dan itu tidak termasuk dalam manifest penumang. Dalam manifest itu tercata 94 orang, tapi biasanya berbeda antara data yang tercatat di manifest dengan jumlah riil penumpang yang naik di kapal,” jelasnya.

Untuk proses selanjutnya, lanjut kapolres, pihaknya masih terus berkoordinasi dengan pihak Syahbandar Kabupaten Kolaka untuk mengetahui berapa jumlah pasti penumpang kapal tersebut, baik yang terdaftar di manifest maupun yang tidak terdaftar.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan Polda Sultra, jadi tim dari Bid Dokkes Polda Sultra akan merapat ke Kolut untuk mengidentifikasi para korban baik korban meninggal maupun korban yang selamat. Mungkin sore atau malam ini kita akan memintai keterangan pihak-pihak yang bersangkutan untuk mengetahui penyebab tenggelamnya kapal, karena saat ini kondisi mereka masih belum stabil,” kata kapolres.

 

Penulis : Luis
Editor : Rustam

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com