Tampilan Desktop


Di Tengah Keterbatasan, Mahasiswa USN Kolaka Raih Juara 2 Kompetisi Mahasiswa Tambang Se Asean
780 Dibaca

Di Tengah Keterbatasan, Mahasiswa USN Kolaka Raih Juara 2 Kompetisi Mahasiswa Tambang Se Asean

TIM MEKONGGA EAGLE: Dekan Fakultas Teknik Pertambangan USN Kolaka, Musnajam (paling kanan) melakukan foto bersama dengan tim Mekongga Eagle USN Kolaka. Dengan keterbatasan teknologi, tim ini berhasil meraih juara 2 dalam kompetisi mahasiwa pertambangan se ASEAN.  ABDUL SABAN/ZONASULTRA.COM

 

ZONASULTRA.COM, KOLAKA– Mahasiwa fakultas tehnik pertambangan Universitas Negeri Sembilan Belas November (USN) Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra), berhasil menorehkan prestasi gemilang dalam kompetensi mahasiswa jurusan pertambangan se kawasan ASEAN yang digelar di kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) Jawa Barat (Jabar).

Dalam kompetisi yang digelar sejak tanggal 9 hingga 14 Februari itu, mahasiwa pertambangan USN yang tergabung dalam tim Mekongga Eagle tersebut berhasil meraih juara dua dalam lomba rock drealing (pemboran batu), mengalahkan peserta dari Universitas Sriwijaya (USRI), Palembang.

Menurut ketua tim Mekongga Eagle USN Kolaka, Muhammad Zaenal, rock drealing merupakan jenis perlombaan baru. Dimana, mereka belum pernah mengenal peralatannya.

“Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami, karena berhasil memenangkan perlombaan untuk kategori yang belum pernah kami lihat alatnya,” ujar Muhammad Zaenal di rektorat USN Kolaka, Rabu (24/2/2016).

Selain itu lanjut Zaenal, dari 15 jenis kategori lomba, tim Mekongga Eagle USN Kolaka berhasil meraih posisi peringkat empat untuk tiga jenis lomba lainnya, yakni teknik pemotongan kayu dengan gergaji untuk membuat penyangga tambang bawah tanah serta teknik pengangkutan dan pemuatan tambang bawah tanah.

Dekan Fakultas Teknik Pertambangan USN Kolaka, Musnajam mengatakan, secara umum tim Mekongga Eagle USN Kolaka berhasil masuk dalam 10 besar pemenang kompetisi se ASEAN itu.

Peserta kompetisi itu terdiri dari 11 Universitas negeri di Indonesia serta 1 universitas negeri dari Australia. Untuk wilayah Indonesia timur, diwakili oleh USN Kolaka.

“Tentunya, atas nama lembaga kita merasa bangga karena dengan peralatan yang minim bisa menghasilkan prestasi. Kedepan kita tidak ingin ada lagi mahasiswa yang kuliah sambil menghayal karena peralatan yang tidak memadai,” ujar Musnajam.

Rektor USN Kolaka, Azhari yang ditemui di ruang kerjanya mengaku bangga dengan prestasi tersebut. Menurutnya, ditengah keterbatasan sarana dan prasarana pendidikan, mahasiswanya tetap mampu menorehkan prestasi yang baik.

“Sebenarnya, mahasiwa di Kolaka itu cerdas-cerdas. Jadi, prestasi ini merupakan bentuk pengakuan publik terhadap USN Kolaka,” puji Azhari.

 

Penulis : Abdul Saban
Editor  : Rustam

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com