Tampilan Desktop


Dihadapan Sidang Paripurna HUT Kota Baubau, Walikota Beberkan Keberhasilan yang Dicapai
65 Dibaca

sidang-paripurna-hut-kota-baubau

Sidang Paripurna : Ketua DPRD Kota Baubau, Roslina Rahim yang didampingi Wakil Ketua DPRD La Ode Yasin Mazadu dalam sidang Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Baubau yang dihadiri langsung Walikota Baubau dan Wakil Walikota Baubau (Mulyadi/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, BAUBAU – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Baubau menggelar rapat paripurna istimewa dengan agenda tunggal mendengarkan pidato Walikota Baubau dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Baubau ke 475 dan Hari Ulang Tahun ke-15 sebagai daerah Otonom.

Rapat Paripurna ini dipimpin langsung Ketua DPRD Kota Baubau, H Roslina Rahim dan juga Wakil Ketua DPRD La Ode Yasin Mazadu, Senin (17/10/2016). Dalam pengantarnya Ketua DPRD Kota Baubau terlebih dahulu menggambarkan perjalanan legislatif sebagai mitra pemerintah saat ini.

DPRD berdasarkan UU memiliki fungsi yakni legislasi, pengawasan dan Bageting. Jika melihat dari perjalanan dimasa sidang pertama sejak oktober 2015 dan otober 2016 DPRD Kota Baubau bersama pemrintah telah membahas dan menetapkan beberapa Perda.

“Dari beberapa Perda yang ada terdapat dua Perda Inisiatif DPRD Kota Baubau yakni Perda KIBBLA dan Perda Tata Cara Kelembangaan RT/RW dan LPM Kelurahan,” ujar Roslina.

Setelah fungsi legislasi DPRD juga telah menjalankan fungsi pengawasannya dalam mengawal pembangunan di Kota Baubau. Pengawasan DPRD sangat penting dalam menyeimbangkan pembangunan jika pembangunan yang dilaksanakan pemerintah tanpa ada pengawasan dari legislatif dan masyarakat tentu akan berdampak pada tata kelola pemerintahan yang tidak seimbang.

sidang-paripurna-hut-kota-baubau1

Anggota DPRD Kota Baubau saat menghadiri Rapat PAripurna Istimewa dengan agenda mendengarkan Pidato Walikota Baubau dalam rangka HUT Kota Baubau ke 15 sebagai daerah otonom

Sementara itu, Walikota Baubau AS Tamrin dihadapan sidang istimewa kali ini mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membawah Kota Baubau hingga saat ini menjadi daerah yang maju dan sejajar dengan daerah yang lain.

Bukti nyata kemitraan antara Eksekutif dan legislatif adalah menyatukan aspek politik, ekonomi dan sosial tertuang dalam kebijakan daerah yang pada akhirnya bermuara pada upaya komitmen bersama membangun daerah.

Angka pertumbuhan ekonomi Kota Baubau mengalami peningkatan yakni 8 persen, sedangkan secara regional Provinsi Sulawesi Tenggara mengalami peningkatan 6,88. Kondisi tersebut mengindikasikan Kota Baubau dapat bertahan terhadap krisis.

Fiskal kita relatif terjaga dan kemiskinan pengangguran berkurang. Potensi ini menjadi modal penting bagi daerah demi mencapai kesejahtraan masyarakat seperti yang diamanakan dalam RPJM Kota Baubau 2013-2018 dan visi misi Kota Baubau yakni Mewujudkan Baubau yang maju, Sejahtra dan Berbudaya.

“Bukan hanya pada peningkatan dibidang ekonomi, namun dari aspek pendidikan dan kesehatan masyarakat juga mengalami peningkatan. Ini dapat dilihat dari pencapaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Baubau mengalami peningkatan setiap tahun yakni 73,13 persen berada diatas Provinsi yakni 68,07 persen,” kata AS Tamrin.

Tamrin berharap, kedepan peningkatan pembangunan disegala sektor akan terus dilakukan pemerintah Kota Baubau dalam mencapai visi misi. Penambahan armada persampahan, peningkatan sarana infrastruktur, dan pembenahan pemukiman harus menjadi program yang akan dijalankan kedepan.

Rapat Istimewa DPRD Kota Baubau dihadiri 22 anggota DPRD, dan unsur Muspida Kota Baubau. Nampak pula Wakil Bupati Buton LA Bakry dan juga Sultan Buton La Ode Izat Manarfa, pejabat eselon dua dan tiga lingkup Kota Baubau. (B)

 

Reporter : Mulyadi
Editor   : Rustam

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com