Tampilan Desktop


Dihantam Ombak, Dua Kapal Nelayan di Baubau Hancur Berkeping
40 Dibaca

Irman, ABK Kapal Inka Mina 404 mengatakan, angin kencang yang disertai gelombang tinggi terjadi sekitar pukul 02.30 Wita dini hari. Saat itu, ia bersama nelayan lainnya datang untuk menyelamatkan kapa

Irman, ABK Kapal Inka Mina 404 mengatakan, angin kencang yang disertai gelombang tinggi terjadi sekitar pukul 02.30 Wita dini hari. Saat itu, ia bersama nelayan lainnya datang untuk menyelamatkan kapal mereka. Namun naasnya, kapal Inka Mina 404 dan NB 49 saat itu mesinnya tak bisa hidup karena mengalami kerusakan akibat hantaman ombak.

“Ini bukan putus (tali jangkarnya, red), tapi mesinnya tidak bunyi. Kebetulan tadi karena sudah kencang ombak kami minta tolong sama teman, tapi tidak mampu dilepas,” kata Irman.

Ucok, salah seorang nelayan lainnya mengaku jika kedua kapal tersebut sebenarnya sudah berupaya diselamatkan oleh kapal nelayan yang lain. Namun karena ombak yang besar terpaksa dilepas sehingga kedua kapal tersebut langsung terseret ombak ke pantai.

Ketika kedua kapal itu dilepas ikatannya dari kapal yang memberi pertolongan, gelombang tinggi langsung menghantam dan dibenturkan ke dermaga TPI Wameo. Akibatnya kapal NB 49 pecah berkeping-keping menjadi tiga bagian, sementara Inka Mina 404 juga pecah akibat berbenturan pemecang gelombang.

“Kapal NB 49 terbagi tiga, belakangnya pisah dengan tengahnya, depannya juga terpisah ke tempat lain. Sedangkan kapal Inka Mina 404 mengalami kerusakan parah di lambung kapal,” ujar Ucok.

Menurut sejumlah nelayan di Baubau, pada akhir bulan April ini sudah tidak ada lagi angin kencang dan gelombang tinggi. Sehingga mereka sedikit lengah dalam melakukan pengawasan terhadap kapal mereka.

“Dari pengalaman selama ini ssudah bukan lagi wakyunya angin kencang dan gelombang karena sudah mau masuk bulan lima dan musim Timur,” kata Adeng, salah seorang nelayan Bone Bone.

Akibat dari musibah ini, kerugian nelayan ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Para nelayan juga menyesalkan tidak adanya peringatan dari pemerintah khsusnya BMKG atas cuaca buruk yang terjadi dengan tiba-tiba.(Ririn)

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com