Tampilan Desktop

Diknas Kendari Dukung Program Sertifikasi Keahlian Bagi Guru SMK
68 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Kendari mendukung program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam penataan dan pemenuhan guru produktif di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Hal ini bertujuan untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan vokasi serta pendidikan dan pelatihan keterampilan kerja.

Makmur

Makmur

Kepala Dikbud Kota Kendari Makmur, saat ditemui diruangannya, Jumat (11/11/2016) mengatakan, langkah yang diambil oleh Kemendikbud dengan merancang program sertifikasi pendidik dan sertifikasi keahliaan bagi guru SMK atau yang lebih dikenal dengan program ahli fungsi guru, sangat bagus karena dapat mengatasi kekurangan guru produktif di SMK.

“Saat ini SMK di Kota Kendari masih kekurangan guru produktif. Kita masih memerlukan sekitar 20 guru SMK produktif untuk bidang-bidang industri kreatif, pariwisata, serta informasi dan teknologi (IT),” ungkapnya.

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Kendari ini juga mengatakan, dalam program ahli fungsi guru SMA/SMK, seorang guru harus mengikuti program tersebut selama satu tahun kemudian diberikan sertifikat.

“Jadi dalam program ahli fungsi, seorang guru SMA/SMK bisa memiliki dua sertifikasi, yaitu sertifikasi pendidik dan sertifikasi keahliaan. Dengan begitu, guru SMA/SMK yang telah memiliki sertifikasi keahliaan diharapkan dapat memenuhi kekurangan guru SMK produktif di Kota Kendari,” terangnya.

Program ahli fungsi, lanjut Makmur, diadakan oleh Kemendikbud merupakan salah satu alternatif mengatasi kekurangan guru. Sebab di Kendari belum ada penerimaan guru produktif..

“Mudah-mudahan dengan adanya program ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan SMK di Kota Kendari dalam menghadapi tantangan globalisasi di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA),” tutupnya. (A)

 

Reporter : Ramadhan Hafid
Editor : Kiki

JN ZonaSultra

View all contributions by JN ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com