Tampilan Desktop



Dinas Dukcapil Mubar Jemput Bola Pembuatan Akta Kelahiran
55 Dibaca

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan jemput bola untuk mempercepat kepemilikan akta kelahiran bagi anak yang baru masuk sekolah dasar (SD).

Sekretaris Dukcapil Mubar Bahar Usgan

Bahar Usgan

Sekretaris Dukcapil Mubar Bahar Usgan mengatakan, program ini merupakan salah satu langkah dalam percepatan kepemilikan akta kelahiran bagi siswa didik, khususnya SD, serta bentuk kepedulian pelayanan dukcapil kepada masyarakat dengan sistem jemput bola.

Dikatakan, dalam program jemput bola ini, pegawai dukcapil akan mendatangi langsung SD-SD di Mubar untuk mengumpulkan akta kelahiran yang asli beserta foto copynya. Dan bagi yang belum memiliki akta kelahiran akan segera didata dan kepada siswa diminta untuk menyiapkan syarat-syarat yang telah ditentukan.

Menurut Bahar, alasan menyetor akta kelahiran yang asli karena banyak akta kelahiran yang lama yang telah dibuat dan belum terdaftar nomor seri di dalam database.

“Kan ada juga itu akta kelahiran yang tidak terdaftar nomor serinya di database, seperti akta yang lama yang masih dibuat manual sehingga bagi yang belum terdaftar nomor serinya kita langsung masukan di sini,” kata Bahar ditemui di ruang kerjanya, Kamis (21/7/2017).

Salah satu orang tua siswa asal Kecamatan Lawa, Wa Ode Ila merasa sangat senang dengan program pelayanan tersebut karena tidak perlu repot pergi ke dukcapil untuk mengurus akta kelahiran anaknya.

“Bagus itu, saya sangat senang karena banyak juga urusanku, tinggal disiapkan saja persyaratannya baru kita setor di sekolah,” kata dia. (B)

 

Reporter: Laode Pialo
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free