Tampilan Desktop



Dinas Koperasi dan UMKM Konsel Bentuk Klinik Konsultasi Bisnis
93 Dibaca

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) menginisiasi atas terbentuknya Klinik Konsultasi Bisnis (KKB) di daerah itu.

 Ade Slamet  Kabid UMKM Dinas Koprasi Dan UMKM Konsel.

Ade Slamet

Kepala dinas koperasi Muhamad Hisrah melalui Kepala Bidang (Kabid) UMKM, Ade Slamet menjelaskan bahwa KKB bertujuan meningkatkan kinerja UMKM, terutama dalam hal akses terhadap permodalan, daya saing dan kualitas SDM pelaku UMKM.

Untuk di bidang jasa, lanjut Ade, menyediakan informasi, memfasilitasi pameran-pameran bisnis, konsultansi dan jasa-jasa bisnis lainnya.

“Hasil evaluasi kami ada sebagian usaha bisnis yang mengalami kesulitan, tidak berkembang (stagnan) hal ini di sebabkan kendala kurangnya modal, kurang pengalaman dan pengetahuan tentang bisnis, tidak mengerti cara pemasaran bisnis, dan beberapa kendala lainnya, tentu saja semua kendala itu tidak mesti kita biarkan atau berdiam diri,” kata Ade kepada zonasultra. Selasa (28/3/2017).

Untuk mengatasi hal tersebut, Pemerintah dalam hal ini Dinas Koperasi dan UMKM dari beberapa instansi terkait serta stakeholder yang mengetahui banyak tentang UMKM dengan membentuk Klinik Konsultasi bisnis (KKB) yang dimaksud.

“Tentunya hal ini dilakukan, untuk menjawab semua kesulitan dan tantangan kepada pelaku usaha khususnya sektor UMKM,” ungkapnya.

Meski begitu, Ade mengakui pertumbuhan UMKM di Kabupaten Konawe Selatan terus mengalami peningkatan yang begitu besar dari tahun ke tahun. UMKM itu pada umumnya berada pada sektor perdagangan maupun produksi.

“Kita berharap dengan terobosan yang kami lakukan ini akan semakin mendongkrak pertumbuhan ekonomi kita,” harapnya. (B)

 

Reporter : Erik Ari Prabowo
Editor : Kiki

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free