Tampilan Desktop

Dinas Pertanian Siapkan 35 Petugas Pemeriksa Hewan Kurban
18 Dibaca

ZONASULTRA.COM,KENDARI-Dinas pertanian dan Kehutanan Kota Kendari menyiapkan sebanyak 35 petugasnya untuk memeriksa kesehatan hewan kurban, jelang perayaan hari raya Idul Adha  1436 Hijriah.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kota Kendari Murdiantoro mengatakan mereka sudah membentuk panitia untuk membantu masyrakat yang ingin memeriksakan kesehatan ternaknya selama hari raya Idul Adha tahun ini.

“Kami sudah bentuk panitia, kita semuanya berjumlah 35 orang termasuk di tingkat kecamatan dengan melibatkan mantri peternakan dan juga RPH. Posko utamanya di pusatkan di Dinas Pertanian dan Kehutanan Kota Kendari,” kata Murdianto, Senin (14/9/2015).

Ia juga meminta warga atau kelompok masyarakat yang hendak melakukan kurban untuk melapor pada petugas pemeriksa kesehatan hewan sebelum disembelih, sehingga hewan yang dikurbankan aman untuk dikonsumsi.

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan petugas kesehatan hewan meliputi post mortem atau pemeriksaan fisik dan anti mortem atau  pemeriksaan hewan setelah disembelih. Pemeriksanaan dilakukan untuk mencegah munculnya penyakit Antraks.

Tahun 2014 lalu Dinas Pertanian dan Kehutan Kota Kendari  mencatat sebanyak 1.132 ekor sapi dan 300 ekor kambing yang disembelih selama lebaran Idul Adha tahun lalu.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com