Dinas PU Konut Alokasikan Dana Rp 30 Miliar Pengaspalan Jalan Penghubung di 8 Desa

0
Rahmatullah
Rahmatullah

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun ini mengalokasikan dana sebesar Rp 30 miliar untuk pengaspalan jalan penghubung 8 desa di wilayah itu.

Rahmatullah
Rahmatullah

Jalan penghubung tersebut antara lain, jalan Desa Polora Indah menuju Desa Pariama Kecamatan Langkikima dengan anggaran Rp 11 miliar, Desa Tobimeita menuju Desa Morombo dengan anggaran Rp 9 miliar, Desa Lamparinga menuju Desa Tetewatu dengan anggaran Rp 3 miliar dan Desa Landowi menuju Pelabuhan Wiwirano dengan anggaran Rp 1,8 miliar.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PU Konut Rahmatullah mengatakan, anggaran yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) dan dana alokasi umum (DAU) itu juga sudah termasuk pembuatan jaring jalan di wilayah Kecamatan Molawe sebesar Rp 1 miliar, Desa Lalowaru ke Desa Lametono Rp 1,8 miliar, Desa Toreo Rp 1,5 miliar dan Desa Lahumoso Kecamatan Oheo Rp 770 juta.

“Tahun ini juga akan dikerjakan sementara digodok semua untuk desainnya karena untuk proyek jalan ini akan melalui proses lelang,” kata Rahmatullah ditemui di ruang kerjanya, Kamis (23/3/2017).

(Baca Juga : Dinas PU Konut Anggarkan Rp 61 Miliar untuk Penataan Infrastruktur)

Dia menjelaskan, dari total anggaran yang disiapkan pihaknya juga telah memporsikan untuk jalan usaha tani (JUT) desa dan pengembangan irigasi yang ada di wilayah Konut dengan anggaran Rp 12 miliar.

“Jadi, total anggaran yang kami siapkan itu Rp 30 miliar. Ini bertujuan untuk terus meningkatkan infrastruktrur pembangunan baik di desa, kecamatan hingga ke ibu kota kabupaten,” ujarnya. (B)

 

Reporter: Jefri Ipnu
Editor: Jumriati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here