Tampilan Desktop



Dinas Sosial Tingkatkan SDM Melalui Pelatihan
37 Dibaca

Dinas Sosial Tingkatkan SDM Melalui Pelatihan

Salah satu kegiatan pelatihan kerja yang dilakukan DInas Sosial Tenaga Kerja Kota Baubau di Salah satu kelurahan di Kota Baubau. (Mulyadi/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, BAUBAU– Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Baubau selain memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu, lansia, panti suhan, anak terlantar berupa dana bantuan ekonomi, bedh rumah dan sembako, juga dilakukan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui  program pelatihan.

Kepala Dinas Nakertrans Kota Baubau, Drs La Ode Zulkifli mengatakan perencanaan ketenagakerjaan tidak dapat dipisahkan dari tingkat pendidikan formal khususnya tenaga ahli madya.Kebutuhan pasar dan tingkat pendidikan harus dirancang secara terintergrasi dengan memperhatikan tujuan dan sasaran industri.

“Selain tingkat ekonomi masyarakat peningkatan SDM generasi dan masyarakat harus dilakukan, tantangan global saat ini sudah didepan mata,” ujarnya.

Untuk itu sebagai instansi teknis dalam ketenaga kerjaan telah memprogramkan beberapa kegitan pelatihan Balai Latihan Kerja (BLK) dithun 2016. Diantaranya enam paket latihan kerja masing-masing paket terdiri dari 10 orang, dan tersebar di Kota Baubau. Pelatihan diataranya kejuruan komputer 1 paket, bisnis 1 paket, manajemen 1 paket, kecantikan 1 paket, meubel kayu satu paket, dan prosesing 1 paket.

Kegiatan padat karya juga telah dilakukan pada 2016 diantaranya 2 paket infrastruktur yang bersumber dari dana APBN dan dana APBD Kota Baubau. Peningkatan karya produktif tenaga kerja dua paket masing-masing paket 25 orang, pelatihan kewirausahaan, pelatihan produktifitas dua paket, pemetaan potensi lapangan kerja dan kegiatan lainnya.

Tidak hanya persiapan tenga kerja pihak Dins Nakertrans Kota Baubau ini juga telah melakukan pembinan kepada pemilik usaha besar menengah dan kecil. Ada 8 perusahaan besar dikota Baubau yang telah memiliki tenaga kerja lebih dari 100 orang, perusahaan sedang  terdapat 39 perusahaan dimana telah memilki tenaga kerja antara 50-99 orang, perusahaan mengh terdapat 39 perusahaan sementara usaha kecil terdapat 617 usaha. (B)

 

Reporter : Mulyadi
Editor   : Rustam

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free