Tampilan Desktop



Dinkes Mubar Dapat Jatah Program Nusantara Sehat
123 Dibaca

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadi salah satu penerima manfaat Program Nusantara Sehat dari pemerintah pusat untuk membantu tenaga kesehatan di daerah tersebut.

Kepala Dinkes Mubar Laode Mahajaya

Laode Mahajaya

Kepala Dinkes Mubar Laode Mahajaya, program ini merpakan salah satu bentuk perhatian pemerintah, khususnya untuk Daerah Otonomi Baru (DOB) yang masih membutuhkan tenaga kesehatan.

Sejumlah tenaga kesehatan itu, rencananya akan didistribusikan ke sejumlah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesma) yang ada di Mubar. Di Sultra sendiri, hanya empat daeraha yang menerima program ini, salah satunya kabupaten Mubar.

“Sebetulnya untuk periode dua ini, hanya dua daerah yang dapat yaitu Kota Kendari dan Konawe. Cuman kita coba minta karena kita ini daerah yang sangat membutuhkan tenaga kesehatan,” kata Laode Mahajaya melalui telpon selulernya, Kamis (12/9/2017).

Berdasarkan Peraturan Mentri Kesehatan (Permenkes) nomor 75 tahun 2014, dalam program Nusantara Sehat ini ada sembilan tenaga kesehatan yang akan diturunkan oleh kementerian yakni dokter umum, dokter gigi, apoteker, gizi, kesling, kesehatan masyarakat, perawat, bidan, dan analis kesehatan.

Namun khusus untuk di Mubar, Laode Mahajaya belum bisa memastikan berapa personil yang akan diturunkan di Mubar oleh program itu, karena tergantung dari justifikasi yang akan dilakukan pemerintah pusat.

“Jumlahnya bisa satu, bisa dua atau kita dapat semua. Makanya saya menunggu profil puskesmas yang mendukung untuk kita lakukan justifikasi pada saat pelaksanaan deks”, ujarnya.

Dia berharap, program Nusantara Sehat yang menurunkan personil tenaga kesehatan di Puskemas nanti dengan memadai, agar pelayanan kesehatan di daerah itu bisa terpenuhi. Sebab, saat ini pihaknya masih membutuhkan banyak tenaga kesehatan. (C)

 

Reporter: Laode Pialo
Editor: Abdul Saban

Tagged with:
RS ZonaSultra

View all contributions by RS ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com