Tampilan Desktop


Dinkes Beri Waktu Seminggu RS Setia Bunda Bikin Pembuangan Limbah
43 Dibaca

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) memberikan waktu seminggu kepada rumah sakit bersalin Setia Bunda untuk membuat pembuangan limbah medis.

Kepala Dinkes Konawe M. Aris mengatakan, dari hasil inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan pihaknya, ditemukan fakta sampah-sampah medis di rumah sakit Setia Bunda dibiarkan begitu saja. Dan yang lebih parah, sampah medis tersebut diketahui hanya dibakar tanpa melalui proses yang sudah ditentukan.
“Dari hasil sidak yang dilakukan beberapa staf saya, disana itu ditemukan tumpukan sampah medis seperti botol dan selang infus bekas pakai, perban, dan beberapa sampah lainnya itu hanya dibakar saja,” jelas Aris kepada Zonasultra.com, Rabu (20/05/2015).
Untuk itu, lanjut Aris, pihaknya langsung melayangkan surat teguran keras kepada rumah sakit yang khusus menangani ibu hamil itu. Dan apabila dalam waktu yang ditentukan tidak dilakukan, maka Dinkes Konawe tidak segan-segan untuk mencabut izin rumah sakit tersebut.
“Kita liat ke depannya dulu, kalau teguran kita tidak direspon atau dalam waktu seminggu ini rumah sakit itu tidak juga membuat pembuangan limba medis, maka dengan terpaksa izinnya kami cabut,” terang Aris.
Untuk diketahui, kasus ini mencuat setelah salah satu aktivis lingkungan menemukan tumpukan sampah medis dan non medis tepat di belakang gedung rumah sakit tersebut. Selain itu, sampah-sampah tersebut hanya dibakar tanpa proses pengsterilan terlebih dahulu. (Restu)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com