Tampilan Desktop



Dinkes Konut Gelar Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Serviks dan Kanker Payudara
66 Dibaca

Dinkes Konut Gelar Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Serviks dan Kanker Payudara SOSIALISASI – Tim kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe Utara bersama Tim kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi sedang melakukan sosialisasi dan pemeriksaan kepada masyarkat Konut tentang penularan virus inveksi visual alam (IVA) kanker leher rahim dan kanker payudara.(Jefri/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Puskesmas Lasolo menggelar sosialisasi serta pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) untuk mendeteksi adanya kanker serviks atau leher rahim, Rabu (24/5/2017). Kegiatan yang melibatkan langsung tim Dinkes Provinsi Sultra ini juga melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker payudara.

Tim Dinkes Provinsi, Rinto Yohanis menuturkan, kanker serviks dan kanker payudara merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan. Jika tidak dilakukan pencegahan sejak dini akan menjadi ancaman kepada masyarakat melihat kehidupan yang semakin canggih dan modern serta maraknya seks bebas.

“Kanker serviks disebabkan dari hubungan intim yang tidak sehat atau ganti-ganti sembarang pasangan sehingga menimbulkan penyakit. Sosialisasi ini pemerikasaannya gratis untuk seluruh masyarakat Konut. Kita gelar sosialisasi kepada masyarakat untuk mengetahui kira-kira ada gejala kanker serviks atau kanker payudara. Untuk di Konawe Utara ini kegiatan perdana kami,” kata Rinto Yohanis.

Pelaksana tugas (Plt) Kadinkes Konut Nurjannah Efendi mengatakan, sosialisasi digelar karena kurangnya pemahaman dalam lingkungan masyarakat tentang resiko dan bahaya yang ditimbulkan oleh penyakit tersebut. Pihaknya akan menjadwal program tersebut agar seluruh masyarakat Konut dapat terhindar dari penyakit kanker.

“Sebelum sosialisasi ini dilaksanakan kita sudah menghimbau masyarakat khususnya kaum perempuan untuk mau melakukan pemeriksaan. Kan, lebih baik kita mencegah sejak dini dari pada mengobati. Yah, harapan kami semoga dengan adanya sosialisasi ini kita bisa lebih sadar lagi akan pentingnya menjaga pola hidup yang lebih baik lagi, apalagi zaman sekarang ini masalah kehidupan hampir tidak bisa terkontrol,” ujarnya.

Untuk diketahui IVA merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. IVA merupakan pemeriksaan leher rahim dengan cara melihat langsung (dengan mata telanjang) leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat 3-5%. (B)

 

Reporter: Jefri Ipnu
Editor: Jumriati

Tagged with: ,
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free