Tampilan Desktop



Dinsos: Masyarakat Miskin di Mubar Mencapai 39 Ribu KK
42 Dibaca

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Muna Barat (Mubar) Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat, angka kepala keluarga (KK) dalam kategori miskin di daerah itu mencapai 39 ribu lebih.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinsos Mubar Laode Takari

Laode Takari

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinsos Mubar Laode Takari mengatakan, angka itu bersumber dari rilis Badan Pusat Statistik tahun 2015. Tidak menutup kemungkinan, saat ini jumlahnya bertambah atau justru menurun.

Walau telah menerima data rill tentang jumlah penduduk miskin tahun ini, namun Laode Takari menyatakan belum mengetahui berapa jumlah pastinya.

“Tapi untuk saat ini kita masih berpatokan dengan data 2015,” kata Laode Takari, Kamis (14/9/2017).

Kata dia, penduduk miskin di daerah itu kebanyakan berasal dari kelompok usia yang sudah tidak produktif (penduduk lanjut usia). Mereka ini, kata dia, sudah tidak bisa berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi keluarganya.

Solusinya, lanjut Laode Takari, pihaknya telah memberikan bantuan dana stimulus untuk mengembangkan ekonomi serta bantuan rumah bagi mereka yang memiliki rumah tidak layak huni.

Menurutnya, untuk menekan tingginya angka kemiskinan di Mubar, tidak bisa dilakukan sendiri oleh Dinas Sosial. Butuh peran stakholders di semua lini.

“Makanya kemarin kita lakukan sosialisasi dengan semua stakeholder. Mulai dari semua SKPD, Kepala Desa dan masyarakat. Kalau mereka ini berperan dengan baik, dampaknya akan lebih bagus dan mempermudah kinerja kami,” pungkasnya. (C)

 

Reporter: Laode Pialo
Editor: Abdul Saban

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free