Tampilan Desktop



Dispar Konut Akan Tarik Retribusi di Empat Lokasi Wisata
205 Dibaca

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Dinas Pariwisata Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) akan melakukan pemungutan retribusi bagi wisatawan yang berkunjung di empat lokasi wisata yang ada di daerah itu.

Kepala Dinas Pariwisata Konut, Yade Rianto

Yade Rianto

Kepala Dinas Pariwisata Konut, Yade Riyanto mengatakan, empat objek wisata adalah wisata permandian air panas Wawolesea, Kecamatan Wawolesea, permandian Taipa Kecamatan Lembo, permandian Puudonggala Kecamatan Sawa dan wisata Labengki Kecamatan Lasolo Kepulauan.

Menurutnya, pemungutan retribusi mengingat rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang penarikan retribusi masuk kawasan obyek wisata yang diajukan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah dibahas pasal-per pasal oleh Badan Pembentukan Perda (BPP) DPRD Konut.

“Kita tinggal lakukan sosialisasi memberikan pemahaman kepada masyarakat, ketika ini diterapkan masyarakat tidak komplain lagi,” katanya, Selasa (25/7/2017).

Lanjut Yade, hal tersebut perlu dilakukan mengingat dalam perda itu tarif yang akan dikenakan bagi pengunjung bervariasi. Di antaranya, tarif masuk kawasan objek wisata, tarif parkir dan tarif penggunaan fasilitas.

“Tenaga pemungutnya akan kita siapkan secara resmi dengan menggunakan atribut wisata dan ini akan meningkatkan pendapatan asli daerah,” ujarnya.

Meski payung hukum penarikan retribusi telah ada, Yade mengakui, jika pada sektor pariwisata masih terdapat sejumlah kendala, yakni fasilitas di dalam objek wisata dianggap masih sangat minim, seperti toilet dan gasebo.

“Fasilitasnya masih sangat kurang, karena itu harus segera kita lengkapi dalam waktu dekat ini. Supaya ada keseimbangan antara kenyamanan orang datang dengan berapa yang harus dibayar,” tuturnya.

Dia menambahkan, berdasarkan perda yang telah ditetapkan biaya retribusi yang akan ditarik dari setiap pengunjung bervariasi. Bagi pengunjung lokal Konut dibebankan sebesar Rp 2.000 per kepala, sedangkan warga dari luar Konut sebesar Rp.5.000 per orang.

“Kalau pengunjungan mancanegara dibebankan retribusi masuk sebesar Rp.100 ribu per kepala, itu berlaku pada objek wisata Labengki. 2018 kita targetkan PAD diatas Rp.500 juta dati sektor penarikan retribusi,” tutup Yade Riyanto. (A)

 

Reporter : Murtaidin
Editor : Kiki

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free