Tampilan Desktop



Disperindag Lakukan Pasar Lelang Online Komoditas Pangan
50 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Maret 2017 ini akan melakukan pasar lelang terpadu online komoditas pangan.

Kabid Perdagangan Dalam Negeri Muhammad Ali

Muhammad Ali

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Sultra, Muhammad Ali mengatakan Kementerian Perdagangan melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) melakukan pasar lelang online. Bappebti inilah yang akan mengatur dan menyusun jadwal kapan dimulainya lelang komoditi pangan.

Dia menjelaskan jika pasar lelang online komoditas pangan ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi perbelanjaan online lainnya. Hanya saja, pasar lelang tersebut tidak dilakukan setiap saat. Ada waktu tertentu yang telah dijadwalkan oleh Bappebti.

Kata Ali, 14 provinsi tercatat menjadi daerah yang masuk dalam pasar lelang online termasuk Sultra. Semua daerah bisa memasukan nama pedagang, komoditi pangan, waktu lelang, dan kualitas bahan pangan.

“Layaknya pasar online lainnya, tetapi di pasar lelang online ini sudah terjadwal,” jelas dia saat diwawancarai di Kendari, Rabu (8/3/2017).

Sebelum terlaksananya pasar lelang ini, akan dilakukan sosialisasi kepada pedagang terkait tatacara penggunaan aplikasinya. Pada 23 Maret 2017, Disperindag terlebih dahulu melakukan pasar lelang offline. Pelaku usaha lama dan baru dapat mengikuti kegiatan ini, sekaligus mereka bisa didaftarkan pada pasar lelang online tersebut.

Lebih lanjut, komoditi yang akan diperjualbelikan di pasar lelang saat ini masih komoditi hasil pertanian. Tentu dengan memperhatikan kualitas dan ketahanan komoditi pangan tersebut.

Ali mengatakan, dengan adanya pasar lelang online ini, masyarakat bisa lebih mudah mengakses berbagai komoditi kebutuhan konsumsi rumah tangga.  (B)

 

Reporter : Sitti Nurmalasari
Editor: Tahir Ose

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com