Tampilan Desktop


Disperindagkop dan UMKM Wakatobi Gelar Pelatihan Tingkatkan Kualitas Pengrajin Lokal
82 Dibaca

peserta-bimbingan-pengrajin-lokal-di-kecamatan-kaledupa-foto-duriani

Gelar Pelatihan : Peserta bimbingan pengrajin lokal di Kecamatan Kaledupa (Foto : Duriani/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Perindagkop dan UMKM) Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan pelatihan kepada pelaku pengrajin lokal di Kecamatan Kaledupa.

Kepala Bidang (Kabid) Perindustrian, La Ode Nasiru, mengatakan kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 60 peserta perwakilan desa/kelurahan di Kecamatan Kaledupa itu dimaksudkan membina para pelaku industry kerajinan local.

Salah satu kerajinan yang dikembangkan yakni kerajinan tenun boke. Menurut Nasiru saat ini di wilayah Wakatobi, kerajinan tenun boke suddah mulai langka pun ada pelaku kerajinan banyak dikerjakan para orang tua.

Menurut Nasiru, pelatihan yang digelar selama dua hari sejak 9 sampai 10 September lalu itu, para pengrajin bisa menghasilkan berbagai kerajinan yang unik yang bisa dilempar ke pasar nasional maupun luar negeri, karena seperti diketahui Wakatobi merupakan salah satu daerah tujuan pariwisata, industry kerajinan local berpeluang besar untuk dikembangkan.

“Kegiatan ini sesungguhnya diharapkan dapat meningkatkan kualitas tenun boke dan dikenal wisatawan yang berkunjung di Wakatobi. Apalagi wisatawan di Wakatobi mayoritas dari mancanegara. Termasuk menciptakan generasi penerus pengrajin tenun boke yang hampir punah,” ucap La Ode Nasiru di Wangi-Wangi, Selasa (13/9/2016).

Kata La Ode Nasiru, tujuan lain kegiatan itu juga yakni untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia bagi para pelaku pengrajin local, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang handal.

“Kami sangat berharap kepada semua peserta bahwa setelah mengikuti kegiatan ini bisa diterapkan dalam rutinitasnya,” kata La Ode Nasiru.

La Ode Nasiru, menambahkan dasar pelaksanaan kegiatan tersebut yakni Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Perindustrian, Perdangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Wakatobi Nomor 58 Tahun 2016.

Serta anggaran bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Wakatobi Tahun 2016 yang dialokasikan melalui DPA Dinas Perindagkop dan UMKM. (C)

 

Reporter : Duriani
Editor     : Tahir Ose

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com