Tampilan Desktop


Ditangkap Bupati, Kapal Muat Kayu Malah Kabur
59 Dibaca

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Kapal muat kayu sebanyak 80 kubik dilaporkan kabur dari lokasi awal ditemukan yakni di perairan Ngapaea Kecamatan Bonegunu, kabupaten Buton Utara. Sebelumnya, kapal dan kayu hendak diangkut ke NTB, berhasil digagalkan oleh Penjabat (Pj) Bupati Buton Utara (Butur) Saemu Alwi beberapa hari lalu.

Petugas kepolisian dari Polsek Bonegunu bersama tim kriminal khusus Polda Sultra, masih melacak keberadaan Kapal Motor (KM) Cahaya Zulfajri berbobot 300 ton itu. (Baca Juga : Bupati Butur Gagalkan Penyelundupan Kayu Ilegal yang Hendak Dibawah ke NTB )

Meskipun nahkoda kapal, Asdar telah diamankan, tapi aparat kepolisian masih kesulitan memproses kasus ilegal loging ini. Pasalnya, barang bukti (BB) berupa kapal dan kayu telah dibawa kabur oleh ABK.

Kapolsek Bonegunu Ipda Triyatno  ditemui di Polsek Bonegunu, Jum’at (16/10/2015) petang mengatakan, sambil menunggu pencarian kapal itu, nahkoda kapal untuk sementara diamankan di Polsek Kulisusu.

“Saat ini tim Polda masih berusaha mengejar kapal itu, semoga saja bisa didapat agar kita bisa memproses kasus ilegal loging ini. Tapi untuk sementara juga saya akan memanggil pemilik kayu yang sudah kami kantongi berdasarkan pengakuan nahkoda kapal, ” ujarnya.

Dijelaskannya, kapal tersebut ditangkap oleh Pj Bupati Butur, Saemu Alwi, Rabu (14/10) sore. Kemudian malam harinya, aparat langsung menuju ke TKP menggunakan speed boat. Tapi karena dihadang gelombang besar, maka petugas polisi memilih balik untuk menghindari kecelakaan.
Keesokan harinya, Kamis (15/10) pukul 06.00 Wita, aparat kepolisian kembali ke TKP.

Sayangnya kapal tersebut telah menghilang, padahal pencarian dilakukan hingga ke perairan Kamaru, Kabupaten Buton.

“Sampai di Kamaru kami sisir baik lewat laut maupun darat, tapi tidak ada juga,” tegasnya.

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com