Tampilan Desktop


Diterjang Angin Puting Beliung, Empat Rumah Warga Mubar Roboh
124 Dibaca

Diterjang Angin Puting Beliung, Empat Rumah Warga Mubar Roboh

Kondisi Rumah Wa Ode Anggota yang di hantam angin keras rata dengan tanah,Selasa (20/12/2016).(Laode Pialo/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM,LAWORO– Angin Puting Beliung disertai hujan merobohkan empat rumah warga di Desa Katobu, Kecamatan Wadaga Kabupaten Muna Barat, Selasa (20/12/2016) siang.

Menurut La Maka, salah seorang warga yang rumah diterjang Angin Puting Beliuang mengatakan, tidak berselang hujan turun yang diikuti dengan angin yang sangat keras menghantam rumahnya hingga roboh.

” Saya kaget, masalahnya baru pertama kali terjadi angin keras seperti ini. Untung anak-anak di dalam rumh tidak apa-apa, hanya saja kulkas, atap dan kayu balok yang patah,” ujarnya dengan wajah panik sambil melihat rumahnya yang roboh akibat dihantam angin keras.

Hal senada dikatakan Waode Anggota (65), dirinya tidak menyangka akan terjadi seperti ini. Sebab, selama ini angin tidak sekeras biasanya.

“Untung anak-anak langsungsung berlarian di depan tinggal satu otang yang bertahan di dalam namun tidak terlalu parah hanya luka ringan di bagian kepala,” tuturnya.

Kepala Desa Katobu, Nasrul langsung turun lapangan dan melihat langsung kejadiannya.

“Tadi setelah saya dengar kabar,saya langsung turun lapangam dan meninjau dan mendapatkan 3 rumah warga yamg mengalami kerusakan parah dan satu rumah mengalami rusak sedang,”ujarnya.

Untuk sementara, kepala desa akan melakukan tindakan dengan menyurati di Bupati tembusan BPBD.

“Insya allah surat ini sudah ada sama pemerintah daerah untuk dan sepanjutnya kami tunggu reaksi dari pemerintah apakah mereka mau di berikan bantuan atau bagaimana,” terangnya Nasrul.

Dia juga mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, hanya kerugian materil diperkirakan sekitar 25 juta setiap rumah warga.

“Saya perkirakan kerugian 25 juta per rumah dan untuk 4 buah rumah ini mencapai 50 juta,” tandasnya.

Pantauan awak ZONASULTRA.COM, para korban angin puting beliuang menangis meratapi rumahmya yang roboh. Mereka mengaku, sudah tidak memiliki uang untuk membangun rumah.

Mereka berharap pemerintah membantu untuk memperbaiki dan membangun kembali rumah yang roboh. Tak hanya rumah, sepanjang jalan ada beberapa pohon tumbang akibat angin kencang,

Hingga berita ini dinaikkan, belum ada terlihat petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk membantu masyarakat.

Untuk diketahui, rumah warga yang dihantam angin puting beliung itu antara lain La Iran (22) petani, Waode Anggota (65) petani, La Maka (56) petani dan Wa Bunia (57) petani.

Sementara, rumah Wa Ode Anggota yang dihantam angin keras rata dengan tanah.(B)

 

Reporter : Laode Pialo
Editor : Kiki

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free