Tampilan Desktop

Dituding Sumber Bencana, Mantan Direktur PT Trias Angkat Bicara.
76 Dibaca

ZONASULTRA.COM, RUMBIA – Sikap puluhan warga Kabaena, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang melakukan aksi demonstrasi memprotes kebijakan dua perusahaan penambang nikel masing-masing PT Trias Jaya Agung (TJA) dan PT Timah Investasi Mineral (TIM) belum lama ini membuat mantan direktur PT TJA Aflan Zulfadli angkat bicara.

Pria yang kini menjadi anggota DPRD Bombana ini menilai, pihak PT TJA telah berkontribusi banyak kepada warga Kabaena. Apa yang dilakukan perusahaan ini sudah sesuai dengan yang diharapkan. 
“Selaku mantan direktur utama (Dirut) saya perlu mengklarifikasi bahwa besaran Corporate Social Responcibility (CSR) tidak disebutkan dalam Permen ESDM No 18 Tahun 2008, namun tergantung keikhlasan perusahaan. PT TJA telah melakukan CSR berupa pembangunan masjid Rahampuu dengan anggaran Rp.3,5 milyar,” ungkap Aflan kepada Zonasultra.com via BBM, Selasa (27/5/2015) kemarin.
Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini melanjutkan, PT TJA juga telah memberangkatkan umrah para imam dan guru mengaji sebanyak 120 orang se Pulau Kabaena, melakukan normalisasi sungai sepanjang 2 km dan penimbunan pasar Sikeli serta pengerasan jalan poros Rahantari sepanjang 12 km.”Untuk tanah ulayat, tidak pernah ada karena lembaga adat belum pernah melakukan identifikasi dan zonasi tanah ulayat. 
Saya ini master di bidang geologi pertambangan alumni Universitas Gajah Mada (UGM) dan saya lebih paham aturan dan bagaimana harus berkontribusi,” tegas Aflan.
Sebelumnya diberitakan, PT TJA yang selama ini beroperasi di pulau Kabaena dituding sebagai sumber bencana banjir yang melanda sejumlah wilayah di daerah itu beberapa waktu lalu. Meski begitu, pemerintah setempat memilih diam dan tak melakukan tindakan apa-apa.
Hal ini pun membuat puluhan masyarakat Kabaena melakukan aksi unjukrasa menuntut penghentian aktivitas perusahaan tersebut.
Para demonstran yang menamakan diri Aliansi Kabaena Bersatu ini melakukan aksi unjuk rasa di tiga titik yaitu Kantor Camat Kabaena, kantor Lurah Teomokole Kabaena dan kantor PT Timah. (Hasman)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com